Jawa Pos

Ratusan Pengunjung Datangi Taman Prestasi

-

SURABAYA, Jawa Pos - Ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Pahlawan akhirnya mulai dibuka untuk umum. Fasilitas umum tersebut hampir satu tahun ditutup alias tidak boleh dikunjungi warga. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Anna Fajriatin mengatakan, total ada delapan taman yang dibuka di seluruh Surabaya mulai Sabtu (10/4).

Di kawasan selatan, ada tiga taman yang sudah dibuka. Yakni, Taman Pelangi, Taman Ekspresi, dan Taman Prestasi. Antusiasme warga sangat terasa. Misalnya, yang terpantau di Taman Prestasi Ketabang Kali. Pihak DKRTH mencatat dalam dua hari ada ratusan orang yang datang ke sana. Pada hari pertama dibuka, ada 107 orang yang mengunjung­i Taman Prestasi. Sementara itu, pada hari kedua kemarin, jumlahnya melebihi hari pertama pembukaan.

Anna menjelaska­n, pertimbang­an utama dalam pembukaan taman adalah sudah turunnya aturan mengenai hal tersebut. ’’Sudah ada perwalinya. Sebelumnya, kami juga menyiapkan berbagai macam hal. Serta sudah dilakukan asesmen oleh satgas,’’ terangnya kepada Jawa Pos kemarin (11/4).

Kesiapan yang dimaksud Anna terkait dengan kebersihan, kerapian, hingga kelengkapa­n sarpras untuk prokes. Sebab, beberapa hal otomatis berubah dengan merujuk pada ketentuan satgas. Misalnya, jam buka taman yang masih dibatasi lima jam per hari. Mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 11.00 siang. Setiap pengunjung pun dicek suhu tubuhnya dengan menggunaka­n thermo gun. Juga diwajibkan mencuci tangan di wastafel pintu masuk.

”Dalam dua hari ini antusiasme warga sangat tinggi. Kami paham bahwa taman adalah salah satu tempat favorit mereka bersama keluargany­a,’’ paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia