Jawa Pos

Vaksinasi Lansia Masih Minim

Kejar Target hingga Akhir Ramadan

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Para warga lanjut usia (lansia) masuk kuota vaksinasi tahap kedua. Namun, hingga kemarin (11/4) persentase warga lansia yang mengikuti vaksinasi masih minim. Hanya 19,64 persen. Padahal, target vaksinasi untuk warga yang berumur lebih dari 60 tahun itu cukup tinggi.

”Kami kejar hingga akhir Ramadan untuk vaksinasi lansia. Targetnya, 90 persen warga lansia sudah mendapatka­n suntikan vaksin,” kata Kepala Dinkes Sidoarjo Syaf Satriawarm­an.

Syaratnya, kebutuhan vaksin untuk mereka tercukupi. Sebab, jumlah vaksin yang diperuntuk­kan para lansia sangat banyak.

Berdasar data, jumlah lansia di Kota Delta mencapai 208 ribu orang. Artinya, jika pemkab ingin target tercapai, jumlah lansia yang divaksin minimal 172 ribu orang. Setidaknya, hingga menjelang Lebaran nanti, sudah ada pengiriman vaksin lagi dengan jumlah cukup besar. Dengan begitu, kebutuhan vaksin untuk lansia terpenuhi. Sekitar 131 ribu dosis vaksin diperlukan untuk memenuhi kuota target 90 persen. ”Saat ini belum mencapai 20 persen. Sekitar 70 persen lansia belum divaksin,” ujar Syaf.

Demi menuntaska­n target tersebut, setiap fasilitas kesehatan dan titik vaksinasi melakukan vaksinasi bagi lansia. Syaratnya, usia mereka sudah mencapai 60 tahun dan terdaftar sebagai warga Sidoarjo yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP).

Meski persentase vaksinasi bagi lansia minim, persentase untuk kelompok lain sudah maksimal. Misalnya, cakupan vaksinasi bagi ulama sudah berada di angka 94 persen. Capaian vaksinasi untuk para pelayan publik bahkan lebih dari 96 persen. Karena itu, dinkes saat ini berfokus pada vaksinasi para lansia. ”Memang, untuk kelompok lansia, cakupannya masih kurang. Masih sedikit yang mengikuti vaksinasi,” ungkap Kabid Pencegahan dan Pengendali­an Penyakit Dinkes Sido

Sasarannya adalah warga Sidoarjo dengan usia telah mencapai

Membawa KTP saat vaksinasi. Bisa mendapatka­n suntikan vaksin di puskesmas, rumah sakit, atau klinik yang ditunjuk sebagai tempat vaksinasi. Vaksinasi gratis alias tidak dipungut biaya.

Kuota setiap fasilitas kesehatan dan jadwal penyuntika­n berbeda. Target vaksinasi mencapai

dari

Cakupan saat ini baru Kebutuhan vaksin tambahan lebih dari arjo M. Atho’illah.

Dia memastikan vaksinasi lansia jalan terus meski bulan puasa. Penyuntika­n vaksin pun tidak membatalka­n puasa meski dilakukan pada siang hari. Salah satu faktor penyebab cakupan lansia belum optimal adalah tidak dimulai sejak awal. Vaksinasi lansia lebih dulu dilakukan di ibu kota provinsi seperti Surabaya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? DAPAT PERHATIAN: Suasana pemberian vaksin kepada lansia di Puskesmas Sidoarjo. Capaian vaksinasi lansia masih rendah. Yakni, di bawah 20 persen.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS DAPAT PERHATIAN: Suasana pemberian vaksin kepada lansia di Puskesmas Sidoarjo. Capaian vaksinasi lansia masih rendah. Yakni, di bawah 20 persen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia