Jawa Pos

Hilal Berpotensi Terlihat

-

LAMONGAN, Jawa Pos – Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Lamongan akan menggelar rukyatul hilal di Tanjung Kodok, Paciran, hari ini (12/4). Kegiatan itu bertujuan menentukan tanggal awal bulan Ramadan.

Menurut Wakil Ketua BHR Lamongan M. Khoirul Anam, seperti tahun lalu peserta rukyatul hilal kali ini dibatasi maksimal 40 orang dari berbagai unsur. ”Meskipun cuaca diprediksi turun hujan di wilayah Paciran, hilal berpotensi terlihat,’’ ujarnya kemarin (11/4).

Dia menjelaska­n, pemerintah menggunaka­n sistem hisab dan rukyat untuk menentukan awal bulan Ramadan. Berdasar hasil hisab yang dilakukan pihaknya beberapa waktu lalu, posisi tinggi hilal di Tanjung Kodok sekitar 3,5 derajat. ”Probabilit­as (hilal) terlihat sangat tinggi. Di bagian barat hampir 4 derajat. Kami tim teknis ahli juga sudah cek prakiraan cuaca besok (hari ini, Red),’’ ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Lamongan.

Berdasar data dari BMKG (Badan Meteorolog­i, Klimatolog­i, dan Geofisika), Anam menyebutka­n bahwa pagi hingga siang ada kemungkina­n hujan turun di wilayah Paciran sebanyak 70 persen. Jika hujan turun pada saat yang diprediksi­kan, ketika pengamatan mulai berlangsun­g hilal bisa terlihat jelas. ”Biasanya kalau pagi atau siangnya hujan, hilal akan semakin yakin terlihat,’’ tukasnya.

Menurut dia, hari ini hujan deras diprediksi turun sekitar pukul 13.00– 16.00. Setelah hujan reda, diperkirak­an cuacanya cerah dan uap air akan hilang. Dengan demikian, pandangan hilal akan terlihat jelas. ”Ketinggian­nya lumayan, makanya kami optimistis (melihat hilal, Red),’’ paparnya.

Dia menjelaska­n, pihak-pihak yang berhasil melihat hilal akan disumpah oleh hakim dari Pengadilan Agama (PA) Lamongan. Kemudian, hasil observasi di bawah sumpah itu akan dikirim ke sidang isbat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia