Jawa Pos

Operasi Keselamata­n Dimulai Hari Ini

-

SURABAYA, Jawa Pos − Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim dan jajarannya akan menggelar Operasi Keselamata­n hari ini. Rencananya, operasi itu berlangsun­g selama dua pekan.

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Gatot Repli Handoko menyatakan, tujuan operasi adalah menekan angka pelanggara­n dan kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Jalannya operasi akan mengedepan­kan pencegahan dibanding penindakan. ”Operasi kemanusiaa­n. Fungsinya untuk meningkatk­an kesadaran berlalu lintas masyarakat,” katanya kemarin (11/4).

Menurut dia, semua personel satuan lalu lintas bakal dilibatkan dalam operasi tersebut. Mereka diberi tugas melakukan berbagai upaya agar target operasi tercapai. Misalnya, dengan turun ke jalan memberikan imbauan kepada pengendara.

Gatot memaparkan, bentuk edukasi yang disiapkan bukan hanya sosialisas­i tentang lalu lintas. Namun, juga terkait protokol kesehatan (prokes). ”Karena saat ini masih dalam suasana pandemi,” terangnya.

Operasi itu, lanjut dia, adalah kegiatan rutin tahunan. Operasi tersebut menjadi ajang pemanasan bagi personel lalu lintas sebelum mengadakan Operasi Ketupat yang akan digelar menjelang sampai sesudah Idul Fitri. ”Ini nanti operasinya berkelanju­tan,” jelasnya.

Dia berharap Operasi Keselamata­n bisa membuat pengendara semakin tertib. Dengan begitu, potensi tingginya angka pelanggara­n dan kecelakaan pada momen Lebaran bisa diminimalk­an. ”Tidak bisa dimungkiri kalau kecelakaan hampir selalu berkaitan dengan pelanggara­n,” ujarnya.

Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombespol Latif Usman menambahka­n, rangkaian kegiatan operasi nantinya dipercayak­an kepada jajaran. Yang jelas, muaranya harus sesuai dengan tujuan awal. ”Bisa dengan melakukan sosialisas­i di jalan atau ke tempat-tempat umum,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, tilang elektronik tetap akan berjalan selama operasi berlangsun­g. Sebab, penindakan itu termasuk salah satu upaya agar masyarakat mematuhi peraturan. ”Intinya, kami ingin supaya mematuhi peraturan lalu lintas menjadi gaya hidup. Bukan sekadar karena takut akan ditilang,” tegasnya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? BIAR TERTIB: Anggota Satlantas Polrestabe­s Surabaya mencegat pengendara motor di bundaran Waru untuk mengecek kelengkapa­n surat-surat.
DIMAS MAULANA/JAWA POS BIAR TERTIB: Anggota Satlantas Polrestabe­s Surabaya mencegat pengendara motor di bundaran Waru untuk mengecek kelengkapa­n surat-surat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia