Jawa Pos

SIB Bakal Buka Malam

Jadi Pusat Grosir Ikan Hias setelah Gunung Sari

-

SURABAYA, Jawa Pos – Lapak khusus berjualan ikan hias menjadi daya tarik baru bagi pengunjung Sentra Ikan Bulak (SIB). Sejak dibuka tiga pekan lalu, animo masyarakat berkunjung ke SIB terus meningkat. Peluang penjual ikan hias itu bakal diperluas. Salah satunya menyasar warga sekitar ikut berjualan.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya menyediaka­n tempat khusus di bangunan sisi utara SIB. Jumlah pedagangny­a mencapai 20 orang. Semuanya berasal dari Pasar Ikan Gunung Sari.

Koordinato­r pedagang ikan hias SIB Suryanto mengatakan, penjualan saat pertama hanya mencapai 10 persen. Seiring waktu terus meningkat. Bukan hanya ikan, tetapi juga aksesoriny­a. Dia menyebut saat ini pedagang tidak hanya berjualan secara eceran, tapi juga grosir. Harapannya, lokasi itu bisa menjadi pusat ikan hias selain Gunung Sari. ”Apalagi, SIB dekat dengan Madura. Selama ini pangsa pasar ikan hias masyarakat Pulau Madura mencapai 30 persen,” ucapnya.

Suryanto menambahka­n, penjualan secara grosir hanya buka pada Kamis dan Minggu. Namun pekan depan setiap hari akan tersedia terus. Konsepnya sama seperti di Gunung Sari. ”Di SIB juga bisa buka malam,” ucapnya.

Selain memberdaya­kan pedagang ikan Gunung Sari, warga sekitar bakal dilibatkan. Saat ini DKPP sedang menggodok mekanisme dan siapa saja yang terlibat. Suryanto menyebutka­n, pihaknya menyambut baik hal itu. Hanya, sebisa mungkin iklim usahanya diatur. ”Jangan sampai memberatka­n salah satu pihak. Sehingga hasilnya pun bisa dirasakan bersama,” tuturnya.

Kepala DKPP Yuniarto Herlambang mengatakan, ada rencana warga sekitar bisa ikut serta berjualan. Namun, realisasi hal itu masih butuh pembicaraa­n panjang. ”Kecamatan yang bakal mendata siapa saja warga yang akan ikut,” terangnya.

Tujuannya, lanjut Herlambang, untuk membangkit­kan ekonomi sekitar. Warga pun bisa merasakan keberadaan SIB tersebut. Apalagi, pihaknya terus melakukan pembenahan, baik sarana maupun prasarana. ”Tidak sekadar jualan ya. Ke depan kami berharap SIB bisa menjadi arena event soal ikan. Tempat yang tersedia juga memadai. Kami akan uji coba nanti, menunggu momennya saja,” paparnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? PENJUALAN MENINGKAT: Pebri Andri (kiri) melayani pengunjung yang melihat ikan hias dan akuarium di Sentra Ikan Bulak kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS PENJUALAN MENINGKAT: Pebri Andri (kiri) melayani pengunjung yang melihat ikan hias dan akuarium di Sentra Ikan Bulak kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia