Jawa Pos

Kreasikan Tari Ksatria pada Gerakan hingga Kostum

Masuk Lima Besar Terbaik Nasional dalam Kompetisi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Lima penari terlihat menghadap belakang sambil menggengga­m dua kipas kayu. Mereka kompak mengenakan busana hitam-emas. Saat musik diputar, seorang penari di tengah mulai melakukan gerakan dengan dua kipas itu. Lalu diikuti penari lain.

Gerakan tersebut merupakan tari ksatria. Karya seni itu dikreasika­n atau dibuat ulang oleh Komunitas Tari Goong Prada asal Surabaya. Mereka menciptaka­n dua kreasi. Keduanya dibedakan melalui gerakan dan kostum dari tari aslinya. Kreasi tersebut mampu memenangka­n penghargaa­n lima besar terbaik tingkat nasional.

Para penari melakukan gerakan tempo cepat selama dua menit sembari menggerakg­erakkan dua kipas yang selalu terbuka. Mereka kerap berpindah posisi dalam waktu singkat untuk melakukan sejumlah gerakan. Penampilan mereka juga terlihat maksimal dengan busana serasi. Dipadukan dengan hiasan kepala dan kalung berwarna emas.

Ketua Komunitas Goong Prada Ragiel Alfan menjelaska­n bahwa itu adalah tari tradisiona­l kreasi baru karya komposer Bathara Saverigadi Dewandoro. Karya seni tersebut terinspira­si dari tari-tarian klasik dan dikembangk­an sesuai dengan zaman. Namun, tetap berciri Nusantara.

Lantas, Goong Prada tertarik untuk mengkreasi­kannya. Mereka membuat dua kreasi tari. Pembedanya ada pada sejumlah gerakan modifikasi. Yakni, gerakan tangan, gerakan lantai, dan permainan pola kipas. Selain itu, mereka mengkreasi­kan kostum. Pada kreasi satu mereka menggunaka­n kostum dominan hitam-emas, sedangkan kreasi lain berwarna hitam-putih. Menurut Ragiel, ketentuan kostum memang harus menggunaka­n rok hitam dan kain batik. ”Kain batik dipilih warna dominan emas dan hitam-putih agar menonjol dengan dasar kain hitam,” jelasnya.

Mereka mempersiap­kan tari tersebut selama dua minggu. Mulai latihan hingga pengambila­n rekaman video. Lantas diunggah ke Instagram. Karya tersebut akhirnya mampu menjadi lima besar terbaik nasional dalam kompetisi kreasi tari. Mereka mampu mengalahka­n lebih dari 80 peserta lain di Indonesia.

 ?? GOONG PRADA FOR JAWA POS ?? KALAHKAN 80 PESERTA: Tari ksatria yang dimainkan Komunitas Tari Goong Prada dalam kompetisi tari nasional.
GOONG PRADA FOR JAWA POS KALAHKAN 80 PESERTA: Tari ksatria yang dimainkan Komunitas Tari Goong Prada dalam kompetisi tari nasional.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia