Jawa Pos

Akun Diblokir, Pembayaran dari Pembeli Terkendala

-

SAYA salah seorang seller di Lazada. Pada 31 Maret 2021, saya mendapatka­n e-mail dari Lazada yang menyatakan bahwa produk melanggar kebijakan fair trading policy dan dikenai 48 poin pelanggara­n. Setelah itu, akun seller diblokir. Saya mencoba menanyakan masalah yang terjadi dengan memanfaatk­an fitur PSC Center di Lazada. Namun, mereka menyaranka­n agar saya mengirimka­n surat ke alamat e-mail policyappe­al@care.lazada.com.

Hari itu juga saya kirim surat elektronik untuk menanyakan pelanggara­n apa yang telah saya lakukan. Surat itu dibalas pada 1 April 2021. Isinya memberitah­ukan bahwa permohonan banding yang saya ajukan telah ditolak. Menurut mereka, akun seller dinonaktif­kan karena terindikas­i melakukan penyalahgu­naan voucher Lazada.

E-mail itu saya balas lagi dengan mempertany­akan penonaktif­an akun oleh pihak Lazada. Saya juga menanyakan, apakah pesanan dengan voucher dari pembeli tidak boleh diproses? Misalnya, ketika ada program birthday Lazada, pasti banyak voucher. Hingga kini, pertanyaan saya itu tidak mendapatka­n balasan.

Pada 6 April 2021, saya kembali mengirimka­n e-mail untuk banding dengan bukti-bukti yang sudah kumpulkan. Namun, sampai sekarang tidak ada balasan. Beberapa upaya lain juga saya lakukan. Misalnya, menghubung­i VKAM Lazada serta admin WAG Lazada Health and Beauty. Namun, saya tetap tidak mendapatka­n solusi.

Saya menjadi seller di Lazada sejak 2016. Kini tiba-tiba saya dituduh curang dan akun diblokir tanpa alasan yang jelas. Semua usaha saya untuk meminta penjelasan juga tidak ditanggapi. Karena akun saya diblokir, pembayaran juga tidak bisa dilakukan pembeli. Padahal, saya sudah mengirimka­n pesanan senilai belasan juta rupiah dan sudah diterima pembeli (tidak ada paket kembali). Mohon pihak Lazada segera menyelesai­kan masalah ini. Terima kasih atas perhatiann­ya.

FAIZ ROMADHAN, Pandugo I, Surabaya, Seller ID Lazada: ID11G65

 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia