Jawa Pos

Terduga Teroris di Makassar Tewas

Seorang Buron Menyerahka­n Diri di Jakarta

-

JAKARTA, Jawa Pos – Densus 88 Antiteror terus menyisir kelompok Vila Mutiara. Yang terbaru, seorang terduga teroris berinisial MT, 49, tewas pasca melawan saat ditangkap pasukan berlambang burung hantu itu. Seorang buron kasus teroris di Jakarta juga dipastikan menyerahka­n diri.

Kabagpenum Divhumas Polri Kombespol Ahmad Ramadan menjelaska­n, MT ditangkap Kamis (15/4). Saat itu MT melawan petugas dengan menggunaka­n dua buah senjata tajam. ”Dia membabi buta menyerang petugas,” tuturnya.

Karena ancaman tersebut, petugas akhirnya bertindak tegas. MT ditembak hingga meninggal dunia. ”Yang bersangkut­an ini anggota kelompok Vila Mutiara,” terangnya dalam konferensi pers kemarin (16/4).

Tidak hanya itu, MT juga merupakan mantan terpidana kasus terorisme. Dia telah dipenjara sejak 2013 dan bebas pada 2016. ”MT melakukan pelemparan bom terhadap gubernur berinisial SYL dan melakukan kajian bersama Ustad Basri,” tuturnya. Menurut dia, MT pernah mengikuti pelatihan berburu di Pangkep. Dia juga bagian dari perkumpula­n Ar Ridho, Makassar.

Sementara itu, seorang terduga teroris yang terkait kelompok Condet dan Bekasi dipastikan menyerahka­n diri. Kabagpenum menjelaska­n, terduga teroris yang menyerahka­n diri itu berinisial SB. ”Dia menyerahka­n diri di Polsek Pasar Minggu,” jelasnya.

SB menyerah karena merasa identitasn­ya telah diketahui banyak orang. Saat diamankan, tidak ditemukan benda mencurigak­an dari buron tersebut. ”Perannya cukup besar dalam kelompok teroris,” ujarnya. Setelah SB menyerahka­n diri, jumlah buron kasus terorisme di Jakarta tinggal tiga orang. Yakni, ARH, YI, dan SN. ”Ketiganya masih dikejar dan jaringan lainnya didalami,” tegasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia