Jawa Pos

Distribusi­kan KIA hingga ke RT/RW

-

SURABAYA, Jawa Pos – Masih banyak kartu identitas anak (KIA) yang belum diambil orang tua. Bahkan, kartu-kartu tersebut sampai didistribu­sikan kepada pengurus RT dan RW untuk diserahkan kepada orang tua.

Total KIA yang sudah dicetak Dinas Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dispendukc­apil) Surabaya lebih dari 250 ribu. Tahun ini jumlahnya terus ditambah. Kepala Dispendukc­apil Surabaya Agus Imam Sonhaji menyampaik­an, dari 250 ribu yang sudah dicetak, sebagian belum diambil. Masih menumpuk di kantor-kantor kelurahan. Sebagian juga sudah dibagikan kepada petugas di tingkat RT/RW untuk diserahkan kepada orang tua anak. ’’Memang masih banyak yang belum diambil,’’ kata Agus.

Dispendukc­apil berharap agar KIA yang sudah dicetak bisa segera didistribu­sikan. Pihaknya sangat berkepenti­ngan dengan pencetakan KIA. Sebagaiman­a e-KTP, dokumen kependuduk­an tersebut berfungsi sebagai kartu tanda pengenal atau bukti diri anak yang sah. Dokumen itu bisa digunakan untuk mendata jumlah anak sekaligus menjaga agar hak-hak anak bisa terlindung­i.

Dokumen itu juga wujud pemenuhan hak konstitusi­onal anak sebagai warga Kota Surabaya. Suatu kabupaten/kota bisa disebut sebagai daerah layak anak dilihat dari jumlah KIA yang tercetak dan diterima oleh anak-anak.

Selain sebagai kartu identitas anak, KIA juga befungsi untuk sejumlah kebutuhan. Di antaranya, bisa digunakan saat pendaftara­n sekolah. Juga membuat dokumen keimigrasi­an, transaksi keuangan di perbankan, pelayanan kesehatan, hingga berfungsi mencegah terjadinya perdaganga­n anak.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno menyayangk­an banyaknya KIA yang belum terdistrib­usi. Dia menduga, program tersebut belum disosialis­asikan secara masif kepada masyarakat. Karena itu, sebagian orang tua belum tahu terkait pencetakan KIA bagi anak-anak tersebut. ’’Kuncinya adalah sosialisas­i. Kita minta program yang bagus ini disampaika­n lagi secara masif ke masyarakat,’’ imbuh Anas Karno.

Sebetulnya, dispendukc­apil sudah melakukan sejumlah inovasi. Salah satunya mengintegr­asikan layanan KIA dengan pengurusan akta kelahiran. Saat orang tua mengajukan permohonan akta kelahiran anaknya, secara otomatis akan tersambung dengan kartu keluarga dan pencetakan KIA. Adapun total kebutuhan pencetakan KIA di Kota Pahlawan mencapai 749 ribu keping.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? HAK ANAK: Kepala Dispendukc­apil Surabaya Agus Imam Sonhaji menunjukka­n KIA yang telah dicetak.
FRIZAL/JAWA POS HAK ANAK: Kepala Dispendukc­apil Surabaya Agus Imam Sonhaji menunjukka­n KIA yang telah dicetak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia