Jawa Pos

Calon Taruna Akpol Tanda Tangani Pakta Integritas

-

GRESIK, Jawa Pos – Para calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dari Gresik menandatan­gani pakta integritas dan menjalani pengambila­n sumpah di Aula Sarja Arya Racana Mapolres Gresik. Acara itu juga digelar serentak oleh kepolisian jajaran Polda Jatim secara hybrid dengan dipimpin Wakapolda Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo.

Di Mapolres Gresik, penandatan­ganan pakta integritas tersebut dihadiri Wakapolres Kompol Eko Iskandar dan Kabagsumda Kompol Didik Wahyudi. Hadir juga panitia, pengawas seleksi, dan perwakilan calon taruna Akpol beserta orang tua. ’’Ada 16 calon taruna Akpol dari Gresik yang terdiri atas 15 laki-laki dan 1 perempuan,’’ kata Didik.

Sebelumnya, lanjut dia, para calon taruna Akpol itu mengikuti tahapan seleksi administra­si awal. Mulai pengecekan berkas, pengukuran berat dan tinggi badan, hingga tahap verifikasi. Setelah penandatan­ganan pakta integritas dan pengambila­n sumpah, mereka masih harus menjalani seleksi di tingkat Panitia Daerah (Panda) Jatim. Mulai pemeriksaa­n kesehatan tahap I, tes psikologi tahap I, dan uji akademik.

’’Lalu, dilanjutka­n uji jasmani dan antropomet­ri, pemeriksaa­n kesehatan tahap II, hingga tes psikologi tahap II,’’ imbuhnya.

Setelah tahapan tersebut, mereka harus mengikuti pemeriksaa­n administra­si akhir dan sidang kelulusan tingkat Panda Jatim. Terakhir, para calon taruna Akpol itu menjalani seleksi panitia pusat (pansat). ’’Jika lolos, mereka bisa melanjutka­n ke tahapan pendidikan taruna Akpol,’’ jelasnya.

Didik menegaskan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian seleksi penerimaan anggota Polri 2021. Seleksi dilaksanak­an secara serentak di seluruh Indonesia dengan membuka tiga kategori pendidikan. Yakni, tamtama, bintara, dan Akpol. ’’Semua tahapan seleksi bisa diikuti tanpa dipungut biaya alias gratis,’’ tegasnya.

Supardi, perwakilan dari tim pengawas seleksi, menyatakan bahwa selama proses seleksi calon anggota kepolisian yang diselengga­rakan Polres Gresik, pihaknya turut terlibat. Dia memberikan apresiasi terhadap kinerja panitia yang telah melaksanak­an seleksi secara profesiona­l, transparan, dan humanis. ’’Bahkan, adik-adik yang mendaftar itu diedukasi dengan baik,’’ ungkapnya.

 ?? LUDRY PRAYOGA/JAWA POS ?? SELEKSI BERTAHAP: Polres Gresik mengikuti prosesi penandatan­ganan pakta integritas dan pengambila­n sumpah calon taruna Akpol secara hybrid yang dipimpin Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo kemarin.
LUDRY PRAYOGA/JAWA POS SELEKSI BERTAHAP: Polres Gresik mengikuti prosesi penandatan­ganan pakta integritas dan pengambila­n sumpah calon taruna Akpol secara hybrid yang dipimpin Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia