Jawa Pos

Jadikan SIB Sentra Koi dan Koki

Setelah Lebaran, DKPP Gelar Kontes Ikan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Penataan ikan hias di Sentra Ikan Bulak (SIB) makin terarah. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya bakal mengkhusus­kan jenis ikan tertentu yang diperjualb­elikan. Lokasi tersebut diarahkan untuk menjadi sentra ikan koi dan koki terbesar di Kota Pahlawan. Pasar yang besar dan permintaan tinggi menjadi pertimbang­annya.

Kini sebagian area SIB difungsika­n sebagai pasar ikan hias. Pedagang menjual berbagai macam jenis, termasuk aksesori dan kebutuhan lainnya. Koordinato­r pedagang ikan hias SIB Suryanto mengatakan, ke depan SIB difokuskan sebagai sentra ikan koi dan koki terbesar di Surabaya. Tidak hanya menjual secara eceran, tapi juga grosir. ”Kalau jenis ikan koi dan koki saja belum ada yang fokus ke situ. Karena itu, kami bersama DKPP akan mengarahka­n ke pasar yang potensinya masih terbuka itu,” terangnya.

Spesialisa­si pada jenis ikan tertentu tersebut akan meningkatk­an daya tarik pembeli untuk datang. Meski demikian, Suryanto menyebut, pedagang masih bisa menjual ikan hias lain. ”Target kami nanti ada 6–8 stan yang khusus menyediaka­n ikan koi. Lalu, 4 stan koki serta 4 unit ikan hias beragam jenis. Bisa air asin atau air tawar. Terakhir, khusus menyediaka­n perlengkap­an dan aksesoriny­a,” kata Suryanto.

Menurut dia, sudah sewajarnya Surabaya memiliki tempat khusus sentra koki dan koi. Meskipun ikan didatangka­n dari luar daerah, pasar dan sarana transporta­si yang tersedia lengkap. ”Saya, misalnya. Biasa ngirim ikan ke luar pulau. Lewat pesawat atau kapal. Surabaya ini lengkap, jasa ekspedisi tersedia dan jaraknya dekat,” katanya.

Kemarin di SIB sudah terlihat fiber berukuran diameter 1–2 meter yang sudah ditata para pedagang. Tempat itu akan menjadi tempat koi.

Kepala DKPP Surabaya Yuniarto Herlambang menyebutka­n, pihaknya mendukung penuh hal tersebut. Dinasnya pun sudah membahas hal itu dengan para pedagang. Soal persiapan dan mekanisme sedang dijalankan. ”Kami ingin memaksimal­kan fungsi SIB ini sebagai sebuah sentra ikan. Tidak terbatas pada ikan laut atau ikan konsumsi saja. Namun,jugaikanla­inyangmemi­liki nilai ekonomis tinggi,” ujarnya.

Harapannya, realisasi sentra ikan koi terbesar tersebut bisa memberikan dampak lain kepada masyarakat. Misalnya, pedagang oleh-oleh, ikan asap, atau kuliner. Kalau pengunjung ramai, mereka pun kecipratan rezeki.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? PENGKHUSUS­AN PASAR: Suryanto melihat ikan koi di kolam yang baru dipasang kemarin di Sentra Ikan Bulak. DKPP Surabaya bakal menjadikan kawasan tersebut sebagai sentra ikan koi dan koki.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS PENGKHUSUS­AN PASAR: Suryanto melihat ikan koi di kolam yang baru dipasang kemarin di Sentra Ikan Bulak. DKPP Surabaya bakal menjadikan kawasan tersebut sebagai sentra ikan koi dan koki.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia