Jawa Pos

ASTOR, Alat Budi Daya Ikan Tuna Bertenaga Surya

-

SURABAYA, Jawa Pos – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menciptaka­n alat budi daya ikan lepas pantai. Namanya ASTOR (automatic offshore aquacultur­e with solar energy). Inovasi tersebut didesain untuk meningkatk­an produksi budi daya ikan tuna lepas pantai bertenaga surya. Karya itu dirancang Muhammad Akbar Hardian, Dinda Febriani Analiyah, dan Brigitta Violna El Tito.

Dinda menjelaska­n, ide tersebut bermula karena Indonesia memiliki potensi laut yang besar dan perlu dimaksimal­kan. Salah satunya adalah budi daya ikan tuna lepas pantai. Saat ini budi daya masih dilakukan secara manual. Untuk mengurusny­a, dibutuhkan 15–20 orang per hari. ”Hasilnya juga belum bisa maksimal,” katanya.

Tiga mahasiswa yang bergabung dalam Tim Doa Ayah

Ibu itu pun langsung mendesain alat budi daya ikan lepas pantai dengan energi surya. Alat tersebut juga dapat meningkatk­an produksi ikan tuna lepas pantai. ”Panen ikan tuna berpotensi meningkatk­an perekonomi­an. Dalam setahun, setidaknya kontribusi penghasila­n dari ikan tuna lepas pantai ini mencapai USD 480 juta,” jelasnya.

ASTOR didesain untuk beroperasi secara otomatis. Alat itu dilengkapi dengan sistem monitor (monitoring system), sistem pemberian pakan (feeding system), ruang penyimpana­n pakan (food storage), sistem sel surya (solar system), ruang penyimpana­n (operationa­l dan sistem keamanan

menggunaka­n kamera CCTV. ”Pemberian pakan melalui feeding system terhubung langsung dengan monitoring system. Seluruh sistem juga dapat bekerja dengan energi listrik yang dihasilkan sel surya,” papar Dinda.

Pemberian pakan dilakukan dua kali sehari. Sistem akan menerima perintah dari sensor di dalam monitor untuk mengeluark­an pakan.

 ?? SEPTINDA AYU/JAWA POS ?? PANTAU DARI DARAT: Dari kiri, Muhammad Akbar Hardian, Dinda Febriani Analiyah, dan Brigitta Violyna El Tito. Foto kanan, desain ASTOR yang merupakan alat budi daya ikan lepas pantai otomatis.
SEPTINDA AYU/JAWA POS PANTAU DARI DARAT: Dari kiri, Muhammad Akbar Hardian, Dinda Febriani Analiyah, dan Brigitta Violyna El Tito. Foto kanan, desain ASTOR yang merupakan alat budi daya ikan lepas pantai otomatis.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia