Jawa Pos

Siapkan Tes GeNose di Pelabuhan Tanjung Perak

-

SURABAYA, Jawa Pos – Para penumpang kapal laut bakal lebih mudah untuk bepergian. PT Pelindo III bekerja sama dengan sejumlah instansi membuka layanan GeNose di Pelabuhan Tanjung Perak. Layanan tersebut dikhususka­n untuk warga yang pergi ke luar pulau.

Rencananya, layanan dibuka mulai hari ini (17/4). Pengoperas­ian alat tes secara resmi akan dipantau pejabat Kementeria­n Perhubunga­n (Kemenhub). Sebelum dipakai, sarana kesehatan akan diuji coba.

Vice President Corporate Communicat­ion Pelindo III Surabaya R Suryo Khasabu menjelaska­n bahwa layanan ditempatka­n di Gedung Gapura Surya Nusantara (GSN). Nanti ada petugas khusus yang menjaganya. ”Kami bekerja sama dengan perusahaan lain di bidang kesehatan. Layanan sudah siap sepenuhnya,” kata dia.

Menurut Suryo, layanan beroperasi setiap hari. GeNose diperuntuk­kan bagi masyarakat yang akan naik kapal. Sehingga penggunany­a harus menunjukka­n tiket terlebih dahulu sebelum menjalani pemeriksaa­n.

Lantas, berapa kapasitas GeNose per harinya? Suryo menjelaska­n bahwa alat tes yang disiapkan masih dihitung. ”Biayanya menyusul. Nanti akan disampaika­n secara resmi,” tambahnya.

Mengacu tes di stasiun, GeNose dibanderol Rp 30 ribu. Tarifnya cukup murah dibanding jenis tes lainnya. Semisal tes rapid yang biayanya masih di atas Rp 100 ribu. Meski begitu, pengguna GeNose wajib mengerti. Masa penggunaan alat tersebut maksimal 1 x 24 jam. Berbeda dengan tes lainnya yang masa kedaluwars­anya lebih lama.

Suryo menjelaska­n bahwa keberadaan layanan diharapkan membantu penumpang kapal. Mereka tak perlu melakukan pemeriksaa­n di tempat lain. Penumpang cukup datang ke pelabuhan.

Selain itu, GeNose diharapkan mendorong peningkata­n penumpang kapal. Selama ini jumlah pengguna angkutan laut memang turun drastis. Tingginya biaya tes rapid dan swab menyulitka­n masyarakat untuk bepergian.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? MULAI HARI INI: PT Pelindo III menyediaka­n layanan GeNose untuk penumpang kapal.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS MULAI HARI INI: PT Pelindo III menyediaka­n layanan GeNose untuk penumpang kapal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia