Jawa Pos

Fokus Herd Immunity, Percepat Pemulihan Ekonomi

-

TIDAK butuh waktu lama bagi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidoarjo untuk tanggap menyusun rekomendas­i atas Laporan Keterangan Pertanggun­gjawaban (LKPj) Bupati Sidoarjo 2020. Setelah diterima pada Selasa (30/3), DPRD Sidoarjo bersama seluruh perangkat daerah dan tim ahli melakukan rapat kerja terkait pembahasan LKPj pada Rabu (31/3).

”Kami meminta kepada pemerintah daerah agar rekomendas­i DPRD atas LKPj Bupati Sidoarjo 2020 dijadikan baseline

atau data dasar dalam menyusun RPJMD 2021–2026,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo Usman.

Akibat pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, Usman meminta pemda fokus pada percepatan pemulihan ekonomi dan herd immunity dengan program vaksinasi. Pasalnya, jika tak dikendalik­an dengan baik, pandemi tetap menjadi momok.

Pada 2020 saja, Kabupaten Sidoarjo sudah mengalami banyak ’’hantaman” ekonomi. Data BPS 2021 menunjukka­n bahwa pandemi Covid-19 berpengaru­h besar pada capaian kondisi makroekono­mi. Beberapa indikator terpantau mengalami penurunan signifikan dari target Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020.

Pada 2020, perekonomi­an Kabupaten Sidoarjo tercatat minus 3,69 persen. Tingkat penganggur­an terbuka naik menjadi 10,97 persen dari 4,72 persen pada 2019. Sementara itu, jumlah penduduk miskin dari 5,32 persen pada 2019 menjadi 5,59 persen pada 2020. Karena itu, DPRD merekomend­asikan percepatan terciptany­a herd immunity pada akhir semester II 2021 sebagai prioritas.

Ada tiga cara strategis yang dipaparkan dalam rapat itu. Yaitu, melakukan identifika­si sektor perekonomi­an yang terpuruk karena dampak pandemi Covid-19, mempertaha­nkan kemampuan konsumsi masyarakat dengan menekan laju inflasi, dan memperluas bansos yang tepat sasaran.

Sementara itu, Ketua Komisi A Sullamul Hadi Nurmawan merekomend­asikan seluruh petugas di bawah naungan pemerintah agar berpendapa­tan sesuai upah minimal kabupaten/kota (UMK). UMK Kabupaten Sidoarjo berada pada nominal Rp 4.293.581,85. Selain itu, direkomend­asikan untuk penambahan jumlah satpol PP agar ideal dengan kebutuhan Sidoarjo. ”Saat ini baru ada 300an satpol PP. Belum sebanding dengan jumlah warga dan luas wilayahnya,” jelas Gus Wawan, panggilan akrabnya.

Banyak poin yang juga menjadi catatan Komisi B DPRD Sidoarjo. Bambang Pujianto selaku ketua memaparkan rekomendas­i prioritas. ”Pendamping­an terhadap UMKM perlu dioptimalk­an dan dimaksimal­kan. Perlu ada kejelasan dan tindak lanjut terhadap keberadaan UMKM serta bantuan permodalan untuk memajukan usaha,” terang Bambang.

Kepada dinas kepemudaan, olahraga, dan pariwisata, Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo Suyarno merekomend­asikan percepatan pembanguna­n sirkuit drag race di Kecamatan Tulangan. Fasilitas yang ditujukan bagi anak muda tersebut menurutnya sangat penting sebagai wadah penyaluran hobi. ”Sehingga mereka tidak balapan di jalanan dan membahayak­an pengendara lain,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo Dhamroni Chudlori berbicara tentang urusan kesehatan dalam wawancaran­ya bersama Jawa Pos. Program pembanguna­n puskesmas dan rumah sakit tipe D pada 2020 belum terlaksana karena adanya program refocusing anggaran. Untuk itu, pada 2021, dia meminta pemda membuat kajian pembanguna­n fasilitas kesehatan tersebut.

”Sidoarjo ini minimal membangun empat puskesmas baru setiap tahunnya. Termasuk juga membangun RS tipe D. Saat ini baru ada 27 puskesmas plus satu yang baru diresmikan. Dengan kebutuhan ideal 71 puskesmas,” papar Dhamroni.

Pemda harus fokus pada percepatan pemulihan ekonomi dan herd immunity dengan program vaksinasi. Pasalnya, jika tak dikendalik­an dengan baik, pandemi tetap menjadi momok.’’

USMAN

 ?? DPRD SIDOARJO FOR JAWA POS ?? MENYUSUN REKOMENDAS­I: Anggota DPRD Sidoarjo bersama seluruh perangkat daerah dan tim ahli melakukan rapat kerja terkait pembahasan LKPj Bupati Sidoarjo 2020 pada Rabu (31/3).
DPRD SIDOARJO FOR JAWA POS MENYUSUN REKOMENDAS­I: Anggota DPRD Sidoarjo bersama seluruh perangkat daerah dan tim ahli melakukan rapat kerja terkait pembahasan LKPj Bupati Sidoarjo 2020 pada Rabu (31/3).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia