Jawa Pos

Pilih Event Race Lari dengan Donasi

Merasa Keringat Lebih Bernilai

-

SURABAYA,JawaPos–Punyabanya­khobiolahr­aga menjadikan dr Fanny Imanuddin selalu memiliki kepribadia­npositif.Banyakmanf­aatbaikdar­iolahraga untuk kesehatan tubuh maupun mental. Di balik itu,olahragaju­gabisamena­mbahjalina­npertemana­n lebihluas,bahkansamp­aimenjadiw­adahberama­l. Begitu yang biasa dilakukan Fanny.

Salah satunya, lewat olahraga lari. Dokter yang kerap berbagi informasi kesehatan lewat Instagram itu bercerita bahwa ikut event lari tanpa donasi rasanya ada yang kurang. Menurut dia, lari saja memang bisa membuat sehat. ”Tapi, kalau dengan lari bisa memberikan manfaat untuk orang lain, kan senang juga. Rasanya keringat kita lebih punya value,” ujarnya saat dihubungi kemarin (16/4).

Fanny menceritak­an, dirinya rutin ikut event lari untuk donasi bermula saat ada acara race di Surabaya. ”Waktu itu 2016, kali pertama ikut race. Tapi, jaraknya masih pendek, 5 kilometer,” terangnya. Pada tahun-tahun berikutnya, dia mencoba untuk rutin berlatih.

Hingga pada 2018, Fanny mulai mencoba lari dengan jarak yang lebih jauh. Yakni, 10 kilometer. ”Dan, pada tahun ini juga nggak terbatas di

Surabaya saja. Mulai coba-coba di luar kota. Soalnya waktu itu juga pengin yang bisa sambil refreshing,” ujarnya, lantas tertawa. Dari kebiasaan lari itu, akhirnya dia ketagihan.

Sampai pada 2019, Fanny bergabung dengan komunitas Miles to Share yang memang fokus menggelar event lari untuk donasi. Yang berbeda, fokus mereka adalah donasi untuk para pasien pejuang kanker. Lewat komunitas tersebut, Fanny semakin semangat untuk menjadi seorang fun racer. Sebab, pada tahun itu dokter yang juga berpraktik di Miracle Body Aesthetic Center tersebut kehilangan sang ibunda karena kanker. ”Di komunitas ini rasanya bisa menguatkan satu sama lain,” ceritanya. Dari situlah, pada tahun berikutnya hingga sekarang, Fanny sering mengikuti event lari untuk donasi.

Lewat lari, dia merasa bisa mengalihka­n kesedihann­ya saat itu. Tapi, yang lebih penting, bisa membantu orang lain dan tubuh pun sehat. ”Memang efek lari ini banyak sekali karena tubuh kita kan gerak semua,” jelasnya. Mulai bisa lebih happy, mudah untuk tidur, hingga meningkatk­an hormon endorfin dan kesehatan jantung serta paruparu.

 ?? FANNY IMANUDDIN FOR JAWA POS ?? AWAL MULAI: Fanny memulai race pertamanya pada 2016. Waktu itu dia mengambil kategori 5 kilometer.
FANNY IMANUDDIN FOR JAWA POS AWAL MULAI: Fanny memulai race pertamanya pada 2016. Waktu itu dia mengambil kategori 5 kilometer.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia