Jawa Pos

Ancaman Nyata dari Marquez

Sodok Tiga Besar di Latihan Pertama

-

PORTIMAO, Jawa Pos – Tidak berlebihan jika Repsol Honda begitu antusias menyongson­g kembalinya Marc Marquez. Dia dijadwalka­n

come back pada GP Portugal di Sirkuit Internasio­nal Algarve, Portimao, besok (18/4).

Ya, Repsol Honda sangat menantikan kehadiran Marquez. Sebab, pembalap asal Spanyol itu tampil impresif pada latihan pertama kemarin yang dihelat di sirkuit sepanjang 4,592 km itu.

Total, Marquez menyelesai­kan 14 putaran. Waktu terbaiknya adalah 1 menit 42,358 detik. Catatan waktu tersebut hanya lebih lambat 0,251 detik dari pembalap Monster Yamaha Maverick Vinales yang berada di posisi pertama. Ternyata, catatan waktu itu membuat Marquez menempati posisi ketiga. Bahkan, dia hanya tertinggal 0,101 detik oleh kompatriot lainnya selain Vinales, Alex Rins.

Catatan waktu yang dibukukan enam kali kampiun MotoGP itu bisa dibilang cukup mengejutka­n. Sebab, Marquez belum pernah menyelesai­kan satu putaran secara resmi sejak menderita cedera lengan kanan pada seri pembuka tahun lalu di Sirkuit Jerez, Spanyol (25/7 /2020). Atau lebih tepatnya 265 hari lalu. Cedera itu memaksa Marquez absen selama sembilan bulan dan membutuhka­n tindakan operasi hingga tiga kali.

Hanya, Marquez tidak langsung tune in sejak awal latihan berlangsun­g. Dia bahkan sempat berada di posisi kesebelas pada putaran kedua. Hal yang wajar. Pasalnya, dia sudah lama absen dan belum pernah balapan secara resmi di Sirkuit Internasio­nal Algarve.

Satu-satunya percobaan Marquez di sirkuit tersebut terjadi bulan lalu. Itu pun dia mengendara­i RC213V-S. Terbukti, dengan lima menit tersisa pada latihan kemarin, kakak Alex Marquez itu mulai stabil dan berujung dengan catatan waktu yang menempatka­nnya di posisi ketiga.

Performa pembalap 28 tahun itu diyakini bisa memperbaik­i penampilan dua wakil Repsol Honda, Pol Espargaro dan Stefan Bradl. Keduanya jeblok pada dua seri awal di Sirkuit Losail, Doha, pada 28 Maret dan 4 April. Dua pembalap itu bahkan gagal untuk sekadar masuk lima besar. Hasil tersebut yang membuat Repsol Honda berada di posisi kelima klasemen sementara. Nah, dampak kehadiran Marquez sudah dinanti pada kualifikas­i dini hari nanti.

’’Aku optimistis (untuk hasil di kualifikas­i dan race besok, Red). Tetapi, jujur saja, aku juga gugup. Karena sembilan bulan bukan waktu singkat dan pastinya aku butuh adaptasi lagi saat race berlangsun­g,’’ ujar Marquez kepada ESPN.

Marquez meminta fans tak menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi di balapan Minggu besok. ’’Saya tak akan menjadi Marquez yang sama sejak latihan pertama ini. Saya butuh waktu karena masih dalam tahap rehabilita­si,’’ tuturnya.

 ?? PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP ?? MASIH BISA KENCANG: Aksi Marc Marquez dalam sesi latihan di Sirkuit Portimao kemarin.
PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP MASIH BISA KENCANG: Aksi Marc Marquez dalam sesi latihan di Sirkuit Portimao kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia