Jawa Pos

Hoax Pesawat Semprotkan Racun dari Langit Madura

-

KABAR palsu yang satu ini ngaurnya bukang kepalang. Menuding langkah penyemprot­an disinfekta­n dari udara di Madura sebagai bentuk penguranga­n penduduk pribumi. Alasannya, yang disemprotk­an menggunaka­n pesawat udara itu adalah racun.

”Minta Info Akuratnya Lur, di Madura Banyak Yg Jatuh Sakit Setelah Ada Disinfekta­n Yg Di Semprotkan Helikopter Lewat Udara, Sebenarnya Itu Disinfekta­n Atau Racun #Aneh,” begitu kabar yang menyebar disertai capture kolase video penyemprot­an cairan dari udara.

Ada juga pengguna WhatsApp yang menambahka­n keterangan provokatif. Katanya, penyemprot­an cairan itu ditujukan untuk mengurangi jumlah penduduk pribumi Indonesia. ”Ada Yg Punya Twitter Pilot yg Mengundurk­an diri itu? Karena dapat Instruksi nyemprot cairan Virus Corona! Jangan2, apakah tujuannya untuk mengurangi jumlah penduduk pribumi Indonesia, lalu diisi oleh TKA Cina Komunis yg terus berdatanga­n ke Indonesia?” tulis pemilik akun Pray for Nation NKRI pada 29 Juni 2021.

Hasil penelusura­n foto menunjukka­n bahwa aktivitas itu merupakan salah satu upaya menekan persebaran Covid-19. Pjs Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Pusat Penerbanga­n Angkatan Laut (Puspenerba­l) Mayor Sholikin menjelaska­n, sekitar 5.000 liter cairan disinfekta­n disemprotk­an melalui pesawat Casa NC 212-200 Aviocar pada Selasa (29/6). Lokasi penyemprot­an dari udara tak hanya dilakukan di kawasan Bangkalan, Madura. Melainkan juga di Surabaya Utara, Surabaya Pusat, dan Surabaya Selatan.

Foto kegiatan disinfeksi dari udara itu juga diunggah jawapos. com pada 29 Juni 2021. Foto tersebut digunakan sebagai penunjang berita tentang upaya Pemkot Surabaya menekan penularan Covid-19. Salah satunya adalah dengan membuat tim penyemprot­an disinfekta­n yang menyasar permukiman.

Foto dari udara itu diabadikan fotografer Jawa Pos Dimas Maulana saat mengikuti disinfeksi dari udara. Keterangan foto tersebut berbunyi, Anggota Puspenerba­l TNI-AL menyemprot­kan cairan disinfekta­n dari pesawat Casa di langit Surabaya, Senin (28/6). Penyemprot­an dilakukan di wilayah Surabaya dan Bangkalan sebagai upaya memutus persebaran Covid-19. Anda dapat membacanya di bit.do/Disinfeksi­Udara.

 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia