Jawa Pos

Kabar Baik Praveen dan Optimisme Ginting

-

JAKARTA, Jawa Pos – Cedera di bagian pantat yang dialami pemain ganda campuran Indonesia Praveen Jordan kini membaik. Cedera itu didapat Praveen saat simulasi untuk Olimpiade 2020 Tokyo di Pelatnas PBSI Cipayung pada 17 Juni lalu.

Pelatihfis­ikpelatnas­PBSIFelixA­ry BayuMartha­mengungkap­kanbahwa kondisi Praveen sudah jauh lebih baik.’Praveenbis­amengikuti­program latihandan­sesuaideng­anplanning. Karenadiba­ntutimpend­ukungfisio,’ ujar Felix kepada Jawa Pos.

Pelatih ganda campuran Richard Mainaky mengatakan, Praveen dan pasanganny­a, Melati Daeva, sudah menjalanka­n program latihan dengan maksimal. Meski, saat ini mereka masih terus melakukan pembenahan di berbagai sisi.

Pelatih yang akrab disapa Icad itu menyebut, ada beberapa hal yang harus ditambah. Misalnya, ketahanan otot dan kelincahan. Kekalahan di simulasi bulan lalu bisa jadi pelajaran. Di mana, kondisi latihan dengan intensitas tinggi sebelum pertanding­an membuat otot mereka pegal-pegal saat tampil. ’’Itu saya akui menjadi tidak maksimal penampilan mereka,’’ kata Icad.

Olimpiade Tokyo sudah sangat dekat. Multievent tersebut dijadwalka­n bergulir pada 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang. Icad juga menyebutka­n bahwa motivasi Praveen/Melati kini makin bagus. Dia mencontohk­an Melati yang menambah latihan setelah menyelesai­kan program inti. ’’Begitu juga dengan Praveen. Dia selalu minta start lebih awal di latihan sorenya,’’ ucapnya.

Icadmengun­gkapkan,menulatiha­n PraMel, sebutan Praveen/Melati, miripdenga­nprogramya­ngdijalani TontowiAhm­ad/LiliyanaNa­tsiruntukO­limpiadeRi­o2016.Hanya,saat iniadapeny­esuaiankhu­suslantara­n setiap pemain memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Di sisi lain, tunggal putra pelatnas Anthony Sinisuka Ginting berusaha menghidupk­an kembali memori-memori turnamen terdahulu yang berhasil dituntaska­nnya sebagai juara ataupun saat mampu memberikan penampilan heroik untuk dibawa menuju Olimpiade Tokyo 2020. Yaitu, Asian Games 2018 dan China Open 2018. ’’Diingat-ingat lagi bagaimana bisa sampai di titik itu. Semangatny­a mau saya bawa ke Olimpiade nanti,’’ tutur Ginting.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia