Jawa Pos

Keberangka­tan Pesawat Masih Lama, Dilarang Masuk Area Check-in

-

LONJAKAN angka penderita Covid-19 membuat Bandara Internasio­nal Juanda diperketat. Penumpang yang hendak terbang harus disortir dahulu. Sementara itu, batas pengantar juga diperluas. Hal tersebut dilakukan untuk mensterilk­an dan mencegah adanya kerumunan penumpang.

Sejak pandemi Covid-19, Bandara Juanda melakukan pengetatan. Terlebih saat adanya lonjakan angka positif Covid-19 di Jatim. Pengawasan dan pengetatan area bandara lebih dimasifkan. Salah satunya, penumpang yang jadwal keberangka­tannya lebih dari tiga jam dilarang masuk ke area check-in.

Stakeholde­r Relation Manager Bandara Juanda Yuristo Ardhi H. menuturkan bahwa petugas ditempatka­n di beberapa titik. Tujuannya, menyortir penumpang sebelum masuk area validasi atau check-in. Jika jadwal keberangka­tannya masih lama, petugas mengarahka­n untuk menunggu di area anjungan.

Jumlah kursi dan ruang tunggu ditambah

Para pengantar juga tidak bisa lagi masuk ke area anjungan. Garis pembatas dan petugas disiapkan di sana. Jadi, yang bisa masuk hanya para penumpang. ’’Kami sterilkan di anjungan hanya untuk ruang tunggu penumpang,’’ kata Yuris Kamis siang.

Semua penumpang yang sebelumnya bebas masuk ke area validasi syarat terbang sekarang harus melewati petugas untuk dilihat jadwal keberangka­tannya. Upaya itu dilakukan agar tidak ada antrean di konter check-in maupun ruang tunggu sebelum terbang. Kalaupun ada antrean penumpang, itu terjadi di anjungan yang areanya terbuka.

Menurut Yuris, penyortira­n itu dilakukan setelah peniadaan mudik Lebaran berakhir. Hanya, pengawasan­ya diperketat. Petugas patroli lebih dimasifkan untuk mencegah pelanggara­n prokes. ’’Imbauan dari pengeras juga terus kami lakukan,’’ terangnya.

Dia menjelaska­n bahwa semua penumpang akan mendapat imbauan. Mereka juga diingatkan untuk melihat jadwal penerbanga­nnya. Tujuannya, mereka tahu kapan waktunya untuk masuk ke area check-in.

Soal penerapan PPKM darurat, hingga kemarin siang Bandara Juanda masih menunggu edaran terkait syaratsyar­atnya. Yang jelas, penerbanga­n tujuan ke beberapa wilayah memiliki syarat khusus. Misalnya, untuk rute Bali, penumpang wajib membawa hasil tes PCR bebas Covid-19. Informasi syarat perjalanan tersebut bisa diakses di media sosial Bandara Juanda.

Yuris menambahka­n, jumlah penumpang dalam tiga hari terakhir sedikit landai. Jika sebelumnya per hari mencapai 23 ribu penumpang, dalam tiga hari terakhir hanya ada 20 ribu penumpang per hari.

 ?? DIPTA WAHYU JAWA POS ?? ANTISIPASI: Calon penumpang pesawat di Terminal 1 Bandara Internasio­nal Juanda kemarin. Petugas memperketa­t pengawasan, menyortir penumpang, dan memperluas batasan pengantar.
DIPTA WAHYU JAWA POS ANTISIPASI: Calon penumpang pesawat di Terminal 1 Bandara Internasio­nal Juanda kemarin. Petugas memperketa­t pengawasan, menyortir penumpang, dan memperluas batasan pengantar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia