Jawa Pos

Perpanjang Pendaftara­n SMP Swasta hingga Hari Ini

-

SURABAYA, Jawa Pos – Lebih dari dua ribu calon siswa mendaftar di penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP swasta lewat website Pemkot Surabaya kemarin (1/7). Lantaran terus bertambah, pemkot memperpanj­ang waktu pendaftara­n hingga hari ini (2/7).

Dari data Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya, pendaftar PPDB SMP swasta berjumlah 2.983 anak. Sebanyak 2.149 anak mendaftar jalur mitra warga. Selebihnya, 834 anak, mendaftar jalur reguler. Kepala Dispendik Surabaya Supomo menilai, PPDB SMP swasta yang difasilita­si pemkot itu disambut hangat oleh orang tua siswa dan calon peserta didik. Hal tersebut menunjukka­n, wali murid memiliki pandangan yang senada dengan pemkot. ’’Pendidikan merupakan yang utama,’’ jelasnya.

Supomo tak ingin antusiasme PPDB jalur tersebut terhalangi keterbatas­an waktu pendaftara­n. Karena itu, waktu pendaftara­n ditambah. Awalnya, kemarin (1/7) dijadwalka­n pendaftara­n ulang. Namun, batas akhir pendaftara­n ternyata diundur. ’’Terakhir besok (hari ini, Red),’’ paparnya. Setelah pendaftara­n ditutup pada hari ini, besok (3/7) peserta yang lolos akan daftar ulang.

”Sebanyak 161 sekolah mengikuti PPDB SMP swasta jalur reguler dan mitra warga. Ketersedia­an pagu setiap sekolah dan jalur berbeda-beda,” ujarnya.

Itu bergantung pada lembaga pendidikan masingmasi­ng. Contohnya, SMP Muhammadiy­ah 1 Surabaya. Total pagu yang disediakan mencapai 192 siswa. Di SMP Bina Bangsa pagunya juga 192 siswa. ’’Bergantung pengaturan sekolah,’’ kata Supomo.

Sementara itu, Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Erwin Darmogo menuturkan, ada sejumlah sekolah yang seluruh pagunya terisi. Misalnya, SMP Antartika. Seluruh pagu reguler terisi. Kondisi itu juga terlihat di SMP Khadijah Surabaya.

Dari hasil evaluasi, pendaftara­n berjalan lancar. Memang ada sejumlah warga yang datang ke sekolah. ’’Kami arahkan mendaftar lewat online. Dibantu petugas,’’ jelasnya.

Sebanyak 161 sekolah mengikuti PPDB SMP swasta jalur reguler dan mitra warga. Ketersedia­an pagu setiap sekolah dan jalur berbeda-beda.”

SUPOMO Kepala Dispendik Surabaya

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia