Jawa Pos

Himpun Bantuan Covid-19, Dirikan Posko Surabaya Peduli

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perang melawan pandemi Covid-19 membutuhka­n logistik yang tak sedikit. Pemkot Surabaya pun memfasilit­asi warga yang ingin membantu dengan membuka Posko Surabaya Peduli. Posko yang didirikan sejak dua hari lalu itu berada di halaman Balai Kota Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaska­n, Posko Surabaya Peduli itu mengajak seluruh warga kota ikut bergandeng­an tangan saling membantu dengan cara memberikan donasi. ’’Kami membutuhka­n uluran sodaqoh. Amal jariah dari seluruh warga,’’ terang Eri kemarin.

Beragam sumbangan bakal ditampung pemkot. Tidak sebatas uang. Warga yang ingin mendermaka­n barang juga diperboleh­kan. Misalnya, sembako. ’’Dengan gotong royong, persatuan, insya Allah kita bisa melewati pandemi ini,’’ ujar Eri.

Anggaran kas daerah Pemkot Surabaya memang tidak bisa maksimal seperti tahun-tahun sebelumnya. Berkal-kali ada refocusing anggaran untuk penanganan pandemi. Anggaran di sektor yang dianggap belum mendesak diarahkan untuk mengatasi persebaran virus tersebut.

Tahun lalu Rp 151 miliar APBD digunakan untuk menangkal Covid19. Itu belum termasuk anggaran dari pusat dan provinsi sebesar Rp 387 miliar. selain itu, ada bantuan dari warga dan perusahaan melalui CSR yang mencapai Rp 66 miliar.

Menurut Eri, sejatinya kebutuhan pemkot sangat banyak. Tidak hanya mencukupi peralatan kesehatan. Dampak dari persebaran Covid-19 juga harus ditangani. ’’Karena tidak sedikit ekonomi warga yang terdampak,’’ ucapnya. Rencananya, seluruh warga yang terdampak pandemi akan diberi bantuan. Bentuknya sembako. Pembagian dilakukan camat, lurah, serta RT dan RW.

Wakil Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya Irvan Widyanto menjelaska­n, pemkot mendirikan Posko Surabaya Peduli di Taman Surya. Posko itu digunakan untuk menampung bantuan warga. ’’Dua hari yang lalu kami dirikan,’’ jelasnya.

Irvan menuturkan, bantuan tersebut nanti disalurkan kepada yang membutuhka­n. Saat ini RT, RW, serta lurah dan camat terus bergerak di lapangan. Mendata warga yang membutuhka­n bantuan. ’’Langsung kami salurkan kepada yang membutuhka­n,’’ ucap mantan Kasatpol PP itu.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? DONASI: Petugas berjaga di Posko Surabaya Peduli di halaman balai kota kemarin. Posko tersebut menerima bantuan dari warga untuk penanganan pandemi Covid-19.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS DONASI: Petugas berjaga di Posko Surabaya Peduli di halaman balai kota kemarin. Posko tersebut menerima bantuan dari warga untuk penanganan pandemi Covid-19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia