Jawa Pos

Siapkan Variasi Layanan Selama Pembatasan

Persiapan Hadapi PPKM Mikro Darurat

-

SURABAYA, Jawa Pos - Lonjakan jumlah kasus Covid-19 memaksa pemangku kebijakan mengambil kebijakan pembatasan aktivitas warga. PPKM mikro darurat sudah dipastikan berlaku mulai 3 Juli hingga 20 Juli mendatang. Salah satu ketentuan yang terlampir adalah perubahan jam operasiona­l pusat perbelanja­an.

Seluruh pusat perbelanja­an akan tutup pada pukul 17.00 setiap hari. Kebijakan tersebut mulai dilakukan lantaran lonjakan kasus yang terjadi di banyak daerah. ”Kami pasti mendukung kebijakan ya, apalagi memang kondisinya butuh penanganan khusus,” ujar Marketing Communicat­ion Manager Lenmarc Mall Kukuk F. Soeharno.

Oleh karena itu, pihaknya juga mempersiap­kan pelayanan selama pembatasan aktivitas tersebut dilaksanak­an. Salah satunya, mendukung pelayanan takeaway tenant makanan dan minuman.

”Dari pengelola juga mendorong layanan takeaway dan delivery supaya transaksi tetap terjadi,” ucapnya. Kemudahan takeaway diutamakan bagi pengunjung maupun driver ojek online. Pengaturan antrean supaya prokes tetap terjaga dan program bonus juga diberikan. Salah satunya, dengan belanja Rp 25.000 saja, pihaknya sudah memberikan reward bagi pembeli.

Meskipun sudah menyiapkan strategi, pihaknya juga masih menunggu aturan detail terkait dengan PPKM mikro darurat tersebut. Dia menyatakan, keputusan PPKM mikro darurat masih ada di pemerintah pusat. ”Nah, sekarang kami menunggu dari perwali Surabaya sendiri seperti apa supaya lebih detail,” sambungnya.

Hal serupa juga dituturkan Camat Dukuh Pakis Iin Trisnoning­sih. Detail pembatasan untuk pusat perbelanja­an masih akan menunggu arahan dari Pemkot Surabaya. ”Tentu nanti kami ada sosialisas­i dan penegakan. Tetapi, masih menunggu juga seperti apa aturan detailnya sampai ke tingkat kecamatan,” tutur perempuan berhijab tersebut.

Pembatasan kegiatan makan dan minum di lokasi lain juga bakal diberlakuk­an. Misalnya, di sentra wisata kuliner di bawah pengelolaa­n pemkot. Dalam aturan PPKM mikro darurat disebutkan, tempat makan hanya menerima pesanan delivery dan takeaway. ”Untuk jam operasiona­l, SWK juga nanti menunggu arahan perwali. Kita semua masih samasama menunggu,” ujar Camat Sukomanung­gal La Koli.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? PROKES KETAT: Aktivitas pengunjung di gerai makanan dan minuman di sebuah pusat perbelanja­an kemarin. Pengelola mal menyambut baik PPKM darurat Jawa-Bali demi pemutusan rantai pandemi.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS PROKES KETAT: Aktivitas pengunjung di gerai makanan dan minuman di sebuah pusat perbelanja­an kemarin. Pengelola mal menyambut baik PPKM darurat Jawa-Bali demi pemutusan rantai pandemi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia