Jawa Pos

Dewan Desak Pemkab Atasi Kemacetan Jalan Manyar

-

GRESIK, Jawa Pos – Kasus kemacetan akut di Jalan Raya Manyar, tepatnya mulai exit toll Manyar hingga kawasan Tugu, juga mendapat atensi dari DPRD Gresik. Kemarin (1/7) Komisi III DPRD Gresik memanggil pihak-pihak terkait untuk membahas solusi kemacetan di jalan nasional tersebut.

Menurut Asroin Widyan, ketua Komisi III DPRD Gresik, kemacetan di Jalan Raya Manyar memang sangat merisaukan. Untuk dapat mengurainy­a, dibutuhkan jangka pendek, menengah, dan panjang. Nah, rekayasa jalan dengan memasang road barrier menjadi salah satu solusi jangka pendek.

Namun, lanjut dia, ternyata kondisinya justru makin macet dan berpotensi menimbulka­n kecelakaan. Karena itu, beberapa hari lalu warga Manyar Kompleks beramairam­ai menyingkir­kan semua pembatas jalan dari beton tersebut. ”Dengan peristiwa tersebut, tentu ada yang salah dalam penerapan di lapangan. Kami minta pemerintah untuk benar-benar hadir,” ungkap Asroin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubunga­n (Dishub) Pemkab Gresik Nanang Setiawan menyatakan, sebetulnya koordinasi pemasangan road barrier sudah dilakukan dengan melibatkan pihak-pihak terkait. Tujuannya, menjadi solusi jangka pendek agar dapat mengurangi kemacetan. ”Solusi utama tentu pelebaran jalan. Sebetulnya, bappeda mengkaji sejak lima tahun lalu. Dinas PUTR sudah siap menganggar­kan pelebaran jalan,” jelasnya.

Tapi, dampak pandemi Covid-19, terpaksa dilakukan beberapa perubahan skema anggaran. ”Kami siap menyusun kembali skema anggaran itu untuk kebutuhan tersebut sembari bersama Forkopimca­m (Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan) Manyar mencari solusi terbaik,” tandasnya.

 ?? LUDRY PRAYOGA/JAWA POS ?? JALIN KOORDINASI: KPU Gresik mengundang sejumlah pimpinan organisasi dan instansi untuk persiapan menghadapi Pemilu 2024.
LUDRY PRAYOGA/JAWA POS JALIN KOORDINASI: KPU Gresik mengundang sejumlah pimpinan organisasi dan instansi untuk persiapan menghadapi Pemilu 2024.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia