Jawa Pos

Berkelilin­g Sosialisas­ikan PPKM Darurat

Kantor Kecamatan Semampir Pastikan Tidak Tutup

-

SURABAYA, Jawa Pos – Testing dan tracing juga dilakukan di kalangan pegawai tingkat kecamatan. Misalnya, Kecamatan Semampir yang melakukan 3T setelah mengetahui ada petugas yang dinyatakan positif Covid-19. Meski demikian, pelayanan di sektor lain tetap diberikan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Camat Semampir Siti Hindun Robba

Humaidiyah menjelaska­n, untuk mencegah penularan, swab test massal diadakan. Terutama bagi pegawai yang sempat kontak dengan petugas yang positif Covid-19. ”Karena sifatnya pencegahan, teman-teman sekretaria­t dan pelayanan kecamatan yang menjalani tes,” ujarnya.

Meski begitu, pelayanan kecamatan di sektor lainnya tetap berlangsun­g dengan pembatasan dan prokes ketat. Dia menuturkan bahwa ajakan dan pelaksanaa­n vaksinasi dari kecamatan untuk sementara dihentikan. ”Untuk minggu depan mungkin pending dulu. Sementara waktu, pelaksana di bagian pemerintah­an isolasi mandiri dulu,” jelasnya.

Ditanya ada tidaknya penutupan sementara seusai uji usap tersebut, Hindun memastikan pelayanan di Kecamatan Semampir tetap berjalan. ”Tidak tutup, tetap jalan karena beda bagian. Giat sosialisas­i prokes juga tetap berjalan,” katanya.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Satpol PP Kecamatan Semampir Agus Romadhon menegaskan, sosialisas­i prokes dan pelaksanaa­n PPKM darurat tetap berjalan. Pada Rabu malam (30/6), sosialisas­i PPKM darurat berlangsun­g di sejumlah tempat. ”Semalam di kawasan Sidotopo Lor dan Pegirian.

Total, ada 15 tempat yang kami singgahi,” ungkapnya kemarin (1/7).

Dia menambahka­n, imbauan itu berlaku bagi pelaku usaha dan masyarakat untuk menghentik­an aktivitas pada pukul 20.00–05.00 sesuai dengan surat edaran wali kota Surabaya. Sosialisas­i berlangsun­g persuasif dan tanpa pemberlaku­an denda. Bagi Agus, masyarakat sudah memahami bahwa langkah tersebut merupakan bentuk pencegahan untuk menekan persebaran Covid-19 di kawasan Kecamatan Semampir. ”Selanjutny­a, kami berlakukan secara rutin,” tandasnya.

 ?? AZAMI RAMADHAN/JAWA POS ?? WARGA PAHAM: Petugas Satpol PP Kecamatan Semampir mendatangi tempat umum untuk menyosiali­sasikan prokes dan PPKM darurat.
AZAMI RAMADHAN/JAWA POS WARGA PAHAM: Petugas Satpol PP Kecamatan Semampir mendatangi tempat umum untuk menyosiali­sasikan prokes dan PPKM darurat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia