Jawa Pos

Vaksinasi Massal di Dua Lokasi dan Door-to-Door

Upaya Lantamal V Cegah Persebaran Covid-19

-

SURABAYA, Jawa Pos – Masyarakat pesisir dan pekerja di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak menjadi sasaran serbuan vaksinasi Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V. Kemarin (1/7) kegiatan tersebut diadakan di Markas Lantamal V dan Pertokoan Jalajaya, Semampir. Vaksinasi berlangsun­g selama dua hari. Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi menyatakan, pelabuhan merupakan pintu masuk kapal asing dan domestik. Mobilitas yang tinggi membuat masyarakat di lokasi itu rentan terpapar Covid-19. Mulai awak kapal, sopir trailer, pekerja pelabuhan, hingga masyarakat di sekitar area pesisir seperti nelayan. ”Guna menekan angka persebaran Covid-19, vaksinasi massal digelar. Kami menargetka­n 2.000 orang mengikuti kegiatan tersebut,” terangnya.

Selain masyarakat pesisir dan pegawai pelabuhan, vaksinasi dibuka untuk umum. Seluruh masyarakat Indonesia diperboleh­kan mendaftar. Syaratnya, membawa kartu identitas penduduk.

Untuk mencegah terjadinya kerumunan, sistem pembagian waktu diberlakuk­an. Peserta yang telah mendaftar telah diberi tahu tentang waktu pelaksanaa­n vaksinasi. Karena itu, mereka bisa datang pada waktu yang telah ditentukan. Dengan begitu, kerumunan tidak akan terjadi dan vaksinasi berjalan cepat. Tidak lagi terjadi antrean. ”Untuk mempercepa­t kegiatan, vaksinasi tidak hanya digelar di sini (Pertokoan Jalajaya dan Markas Lantamal V). Kami juga menerjunka­n petugas untuk menggelar vaksinasi secara door-to-door ke rumah warga,” kata Yoos di pertokoan Jalajaya, Semampir, kemarin.

Dia menjelaska­n, serbuan vaksinasi merupakan kegiatan lanjutan. Sebelumnya, pihaknya menyelengg­arakan vaksinasi massal di kantor Dinkes Lantamal V. Tepatnya pada 31 Mei hingga 29 Juni. Dari kegiatan tersebut, 4.344 warga telah divaksin.

Jenderal bintang satu itu berharap masyarakat berpartisi­pasi dalam serbuan vaksinasi. Dengan begitu, herd immunity dapat terbentuk.

 ?? AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS ?? DUA LOKASI: Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi (kiri) memantau pelaksanaa­n serbuan vaksinasi di lapangan Pertokoan Jalajaya, Jalan Sarwajala, Ujung, kemarin.
AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS DUA LOKASI: Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi (kiri) memantau pelaksanaa­n serbuan vaksinasi di lapangan Pertokoan Jalajaya, Jalan Sarwajala, Ujung, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia