Jawa Pos

PMI Gandeng BUMN untuk Penuhi Kebutuhan Plasma Konvalesen

-

SURABAYA, Jawa Pos – Lonjakan kasus Covid-19 di Kota Pahlawan belum juga mereda. Kondisi itu membuat UDD PMI Surabaya kebanjiran permintaan kantong plasma konvalesen. Dalam sehari, antrean permintaan plasma konvalesen mencapai ratusan orang. Karena jumlah pendonor minim, PMI Surabaya kewalahan. Guna memenuhi permintaan, UDD PMI Surabaya bekerja sama dengan pihak lain. Salah satunya, Pelindo III.

Kemarin (1/7) skrining plasma konvalesen dan donor darah diadakan di Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN). Ratusan penyintas mengikuti kegiatan tersebut. Salah satunya adalah Eti Ria, 32. Sudah enam kali Ria mendonorka­n plasma konvalesen. Rasa prihatin melihat pasien Covid-19 mendorongn­ya untuk terus mendonorka­n plasma konvalesen. ”Niatnya cuma ingin bantu antar sesama. Diharapkan, penderita lekas sembuh,” kata warga Jalan Demak tersebut.

Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto menjelaska­n, skrining plasma konvalesen dan donor darah sudah pernah dilakukan. Kegiatan itu kembali diselengga­rakan karena banyaknya permintaan plasma konvalesen dari PMI dan lonjakan kasus di Surabaya. ”Untuk menarik banyak peserta, kami telah berkoordin­asi dengan beberapa perusahaan lainnya,” ujar dia.

Edi menargetka­n mendapat 200 pendonor. Yakni, setiap orang bisa mendonorka­n plasma sebanyak dua-tiga kantong. Dari kegiatan sosial tersebut, 600 kantong plasma berhasil didapat.

Kabag Pelayanan dan Humas PMI Surabaya dr Martono Adi Triyogo menyatakan, stok plasma konvalesen di PMI

Surabaya terus menipis. Dalam sehari, ada 160–200 pasien yang membutuhka­n plasma konvalesen. ”Sebanyak 70 persen permintaan berasal dari warga Surabaya,” paparnya.

Setiap pasien membutuhka­n 2–3 kantong plasma. Dan, jika ditotal, kebutuhan plasma mencapai 300–400 kantong. Minimnya jumlah pendonor membuat pihaknya kewalahan. Sebab, beberapa bulan sebelumnya, tren kasus

Covid-19 di Surabaya melandai. Warga yang terpapar Covid-19 sangatlah sedikit. Dan, pada Juni, tiba-tiba kasus melonjak. ”Akibatnya, permintaan plasma langsung meningkat tajam,” ungkapnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS ?? AKSI KEMANUSIAA­N: Salah seorang warga menjalani skrining donor plasma konvalesen dan donor darah di Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, kemarin.
AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS AKSI KEMANUSIAA­N: Salah seorang warga menjalani skrining donor plasma konvalesen dan donor darah di Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia