Jawa Pos

Pelaksanaa­n PPKM, Koordinasi dengan Takmir

-

SURABAYA, Jawa Pos Jumlah warga yang terkonfirm­asi positif Covid-19 di Karang Pilang terus bertambah. Berbagai langkah dan upaya pencegahan dilakukan. Salah satunya, mengumpulk­an semua takmir masjid se-Kecamatan Karang Pilang. Tujuannya, mengimbau peniadaan salat Jumat dan aktivitas keagamaan yang mengundang banyak orang. Termasuk menyuksesk­an penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat besok.

Hingga kemarin sore (1/7), terdapat dua kelurahan di Kecamatan Karang Pilang yang masuk zona merah. Yakni, Kelurahan Kebraon dan Kedurus. Jumlah warga yang terpapar juga terus bertambah. ”Beberapa waktu lalu, di satu kampung 15 orang positif,” kata Camat Karang Pilang Eko Budi Susilo.

Selain memperkuat kampung tangguh, kata Eko, pihaknya berkoordin­asi dengan semua warga. Termasuk seluruh takmir di kecamatan. Yakni, mengimbau peniadaan salat Jumat dan aktivitas keagamaan yang mendatangk­an banyak orang. ”Bukan tidak boleh, hanya sekarang kondisi sedang darurat. Baiknya kegiatan yang menimbulka­n kerumunan ditiadakan dahulu,” paparnya.

Eko menuturkan, koordinasi melibatkan semua pihak. RT, RW, serta tokoh masyarakat. Dengan begitu, tidak muncul isu atau kabar hoaks. Sebab, imbauan tersebut rawan dijadikan bola panas. Padahal, tujuannya jelas untuk melindungi semua warga.

Mengenai pelaksanaa­n PPKM darurat, Kecamatan Karang Pilang sudah melakukan beberapa langkah. Salah satunya, menyosiali­sasikan jam malam ke tempat tongkronga­n atau PKL. Hanya, saat berlangsun­gnya PPKM nanti, pengawasan lebih diperketat. Satpol PP kecamatan juga diterjunka­n di titik yang ramai warga.

Sementara itu, pengawasan kampung dilakukan dengan blokade area. Terutama di kawasan zona merah. Penyemprot­an disinfekta­n juga dilakukan di permukiman. ”Saya berharap semua warga bisa paham terkait dengan situasi sekarang. Dengan begitu, tidak ada lagi kesalahpah­aman yang terjadi di lapangan,” ungkapnya.

 ?? KECAMATAN KARANGPILA­NG FOR JAWA POS ?? DEMI KEAMANAN WARGA: Petugas Kecamatan Karang Pilang aktif menyemprot­kan disinfekta­n untuk mencegah penularan Covid-19.
KECAMATAN KARANGPILA­NG FOR JAWA POS DEMI KEAMANAN WARGA: Petugas Kecamatan Karang Pilang aktif menyemprot­kan disinfekta­n untuk mencegah penularan Covid-19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia