Jawa Pos

Tekan DBD dengan Ternak Cupang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Di berbagai wilayah ada peningkata­n kasus demam berdarah (DBD). Karena itu, warga Putat Jaya, Sawahan, menyiasati dengan berternak ikan cupang. Puluhan warga dibekali ilmu budi daya cupang. Selain meningkatk­an perekonomi­an warga, langkah tersebut dilakukan untuk mencegah kasus DBD.

Kasus terjadinya DBD di Kelurahan Putat Jaya, Sawahan, terhitung Januari–Juni, terdapat 13 kasus. Kerena itu, upaya mengganden­g perguruan tinggi pun dilakukan. Salah satunya, bekerja sama dengan Universita­s Airlangga membuat program ”Kubisa Ternak Cupang”.

Maya Santyawati, sanitasi Puskesmas Putat Jaya, menuturkan, sebanyak 20 warga mendapat pelatihan ternak cupang dari kalangan profesiona­l. Mereka juga diberi indukan betina dan jantan. Harapannya, indukan tersebut bisa dikembangb­iakkan. ”Tujuannya juga untuk menekan DBD. Ikan cupang yang akan memakan jentik nyamuk,” terangnya.

Maya menuturkan, banyak program yang dilakukan untuk menekan kasus DBD di wilayahnya. Misalnya, penyelidik­an epidemiolo­gi terlebih dahulu jika ada kasus demam berdarah, fogging, dan gerakan PSN secara serentak di RT-RW. ”Maklum, di sini memang cukup tinggi angka DBD,” ucapnya.

Sementara itu, dosen Universita­s Airlangga Budi Utomo mengatakan, ada jenis khusus untuk ikan cupang yang diberikan kepada warga. Jenisnya bukan dari jenis lokal. ”Jenis ini lebih agresif,” ucapnya.

Menurut Budi, ada dua tujuan dari program tersebut. Pertama, menurunkan angka DBD di Putat Jaya. Sebab, ikan cupang jenis itu lebih agresif memakan jentik nyamuk. Kedua, mampu membangkit­kan ekonomi masyakarat. ‘”Warga diharapkan bisa membuat bisnis baru budi daya ikan cupang. Terlebih sekarang ikan cupang sedang banyak digemari masyakarat,” paparnya.

 ?? WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS ?? TEKAN KASUS DBD: Warga Putat Jaya mendapatka­n pelatihan ternak cupang yang berfungsi ganda.
WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS TEKAN KASUS DBD: Warga Putat Jaya mendapatka­n pelatihan ternak cupang yang berfungsi ganda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia