Jawa Pos

Tips Aman Berkendara Selama Pandemi

Setahun Indonesia menghadapi pandemi. Sebagian sudah terbiasa hidup di era new normal. Sebagian lagi masih lalai menjaga protokol kesehatan, tak terkecuali saat berkendara.

- DONNY LESMANA

BERIKUT beberapa aturan dasar sebelum Anda berkendara agar terhindar dari penularan virus atau justru menularkan Covid-19.

Cek Suhu dan Rute Pastikan suhu tubuh kurang dari 37,3 derajat Celsius. Bila suhu badan melebihi angka tersebut, sebaiknya tidak beraktivit­as di luar rumah. Bila domisili Anda menerapkan PPKM darurat, hindari bepergian karena berarti potensi penularan sangat tinggi. Anda sebaiknya keluar rumah hanya dalam keadaan mendesak seperti memperoleh layanan kesehatan. Ketahui daerah yang menerapkan pembatasan mobilitas di sepanjang rute perjalanan Anda.

New Normal Riding Gear Bila Anda menggunaka­n roda dua, gunakan helm half face yang memiliki kaca atau visor. Gunanya mencegah tangan Anda menyentuh area mata. Satu helm hanya boleh digunakan satu pengendara. Jangan bergantian memakai helm meskipun anggota keluarga. Selain itu, gunakan jaket, sarung tangan, dan sepatu. Sediakan masker cadangan, hand sanitizer, alat makan, dan perlengkap­an ibadah di tas Anda.

Cek Kondisi Kendaraan Periksa kondisi kendaraan sebelum berangkat. Berhenti karena kendaraan rusak meningkatk­an risiko karena rawan kontak dengan orang lain.

Kendalikan Emosi di Jalan Hindari berkonflik dengan pengguna jalan lain sehingga potensi kecelakaan minim. Korban kecelakaan berat berpotensi dirawat di bangsal IGD sehingga berpotensi terpapar Covid-19. Selain itu, korban kecelakaan menambah beban rumah sakit dan tenaga kesehatan selama pandemi.

Jaga Jarak dan Hindari Kemacetan

Sulit menjaga jarak dan protokol kesehatan bila terjebak kemacetan lalu lintas. Karena itu, rancang rute dan waktu perjalanan untuk menghindar­i area macet.

Gunakan Uang Digital Transaksi digital membuat Anda tidak perlu berinterak­si dengan petugas parkir atau tol, terutama bila menyerahka­n uang atau menerima uang kembalian.

Cuci Riding Gear Rajinlah mencuci riding gear untuk mengurangi potensi terpapar virus yang menempel ke riding gear dari droplet pengguna jalan lainnya.

Bersihkan Kendaraan dan Fumigasi

Biasakan mencuci motor setelah digunakan dan semprot kabin mobil dengan disinfekta­n aerosol untuk mematikan virus yang bersifat melayang di udara.

Mandi dan Segera Cuci Baju Sebelum bertemu keluarga, biasakan mandi dengan sabun antiseptik. Segera cuci baju Anda agar virus yang berpotensi menempel tidak mencemari rumah Anda.

Semprotkan disinfekta­n ke Anda

Bila memungkink­an, gunakan sarung motor atau mobil saat parkir untuk waktu yang cukup lama.

 ?? ASTRA DAIHATSU ?? BAHAYA
RIDE SHARING: Bersihkan dengan disinfekta­n dan fumigasi interior kendaraan Anda secara rutin, terutama ketika digunakan bersamasam­a. Covid-19 dapat menyebar melalui droplet di dalam mobil maupun masuk melalui jendela yang terbuka, terutama ketika kendaraan berhenti di kemacetan.
ASTRA DAIHATSU BAHAYA RIDE SHARING: Bersihkan dengan disinfekta­n dan fumigasi interior kendaraan Anda secara rutin, terutama ketika digunakan bersamasam­a. Covid-19 dapat menyebar melalui droplet di dalam mobil maupun masuk melalui jendela yang terbuka, terutama ketika kendaraan berhenti di kemacetan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia