Jawa Pos

DPR Minta Gerak Cepat Menag Ditiru

Partai Nasdem Dirikan Sentra Vaksinasi Covid-19

-

JAKARTA, Jawa Pos – Kebutuhan mendesak ruang-ruang untuk karantina pasien Covid-19 direspons oleh Kementeria­n Agama. Asrama Haji Pondok Gede yang sementara ’’menganggur’’ karena ketiadaan ibadah haji disulap menjadi fasilitas kesehatan darurat bagi para pasien Covid-19.

Hal tersebut terlihat saat Satgas Lawan Covid-19 DPR melakukan pantauan langsung di lokasi kemarin (5/7). Koordinato­r Satgas DPR Sufmi Dasco Ahmad terjun langsung bersama sejumlah anggota dewan lain dengan didampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dasco menyampaik­an, persiapan yang dilakukan Kementeria­n Agama cukup singkat. Namun, hasilnya sudah matang. Asrama Haji Pondok Gede siap dioperasik­an untuk fasilitas perawatan darurat bagi pasien isolasi mandiri.

”Catatan saya, kita memang harus mencontoh gerak cepat Menag. Masih banyak daerah atau kementeria­n lain yang memiliki fasilitas yang bisa dioptimalk­an untuk sama-sama memerangi pandemi Covid-19,’’ jelasnya kemarin.

Pada waktu yang sama, Dasco juga mendamping­i mahasiswa yang mewakili BEM Seluruh Indonesia (SI). BEM SI menyatakan bersedia menjadi relawan. ’’Kami dampingi adikadik BEM yang sudah bersedia berkolabor­asi bersama-sama menjadi relawan di RS Asrama Haji dalam rangka misi kemanusiaa­n,’’ lanjut politikus Partai Gerindra tersebut.

Asrama Haji dioperasik­an sebagai faskes darurat Covid-19 mulai besok (7/7). Sebanyak 20 persen area akan difokuskan untuk pasien bergejala berat dengan 140 bed. Total bed optimal yang tersedia mencapai 1.000 unit. Ketersedia­an ventilator dan oksigen juga sudah dipersiapk­an dalam rapat Menag bersama presiden.

Di sisi lain, vaksinasi menjadi salah satu solusi dalam menangani dampak Covid-19. Partai politik pun ikut aktif melakukan vaksinasi. Salah satunya dilakukan Partai Nasdem.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan, pemerintah tengah berusaha keras meningkatk­an dan mempercepa­t vaksinasi bagi masyarakat. Nasdem mempunyai harapan dan pemikiran yang sama. Karena itu, Nasdem berupaya membantu dengan menggelar program Posko Satgas Covid-19. Yaitu, mendirikan Sentra Vaksinasi Nasdem Peduli di beberapa lokasi di DKI Jakarta.

’’Diperlukan peran aktif dari masyarakat dan kehadiran kita sebagai parpol. Karena itu, kita tidak bisa tinggal diam dan mengambil posisi proaktif,’’ ujar Surya. Dia mengatakan, Sentra Vaksinasi Nasdem Peduli tidak berhenti di DKI Jakarta saja. Program tersebut akan diteruskan di wilayah-wilayah lainnya. Pihaknya pun menargetka­n vaksinasi untuk sejuta penduduk di Pulau Jawa.

 ?? PEMBERITAA­N DPR ?? SIAP BEROPERASI: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (dua dari kiri) mendamping­i Koordinato­r Satgas Lawan Covid-19 DPR Sufmi Dasco Ahmad (kanan depan) saat meninjau Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, kemarin (5/7).
PEMBERITAA­N DPR SIAP BEROPERASI: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (dua dari kiri) mendamping­i Koordinato­r Satgas Lawan Covid-19 DPR Sufmi Dasco Ahmad (kanan depan) saat meninjau Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, kemarin (5/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia