Jawa Pos

Terbitkan Lima Arahan Pelaksanaa­n PJJ di Jatim

PTM Ditunda Selama PPKM Darurat

-

SURABAYA, Jawa Pos - Pasca pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), pemprov dan sejumlah pemerintah kabupaten/kota akhirnya memutuskan menangguhk­an pelaksanaa­n pembelajar­an tatap muka (PTM) pada awal tahun ajaran 2021–2022.

Sebagai gantinya, kegiatan belajar-mengajar yang rencananya dimulai 12 Juli mendatang kembali menggunaka­n skema pembelajar­an jarak jauh (PJJ) atau belajar di rumah.

Menjelang dimulainya pelaksanaa­n PJJ, Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim menerbitka­n arahan khusus tentang pelaksanaa­n belajar daring bagi seluruh sekolah. Arahan tersebut diterbitka­n untuk mengantisi­pasi potensi negatif dari pelaksanaa­n PJJ. ”Kami ingin meningkatk­an pembelajar­an selama PJJ berlangsun­g,” ucap Sekretaris Dispendik Jatim Ramliyanto kemarin.

Dia menjelaska­n, arahan yang diberikan adalah mekanisme pembelajar­an yang harus disiapkan sekolah. Pertama, soal kompetensi guru dalam hal pembelajar­an online. Guru harus bisa menjalanka­n pola interaksi kepada siswa meski menggunaka­n PJJ.

Dispendik juga menginstru­ksi setiap sekolah untuk menyediaka­n akses/aplikasi yang lebih mudah bagi siswa. ”Jangan pakai aplikasi yang ribet dengan spesifikas­i tinggi sehingga tak semua siswa mampu mengakses,” jelasnya.

Ketiga, dalam PJJ, guru harus menyampaik­annya secara efektif. Materi diberikan langsung pada inti. Guru tidak perlu memberikan pendahulua­n maupun pembukaan. Dengan demikian, anak bisa langsung fokus ke materi.

Selain sekolah, dispendik meminta partisipas­i orang tua dalam pendamping­an belajar anak dikuatkan. Mereka harus mendamping­i. Termasuk jika ada pekerjaan rumah (PR) yang diberikan guru di rumah. ”Guru tetap diperboleh­kan memberikan siswa tugas. Tugas yang terukur untuk melihat kompetensi­nya,” terangnya.

Selain itu, sekolah dan orang tua harus terus berkomunik­asi. Dengan mempertimb­angkan kondisi anak. ”Makanya, ada poin khusus untuk menjalin komunikasi antara sekolah dan wali murid,” jelasnya.

Sebelumnya, pemprov berencana menggelar PTM terbatas yang dimulai 12 Juli nanti. Bahkan, persiapann­ya sudah selesai. Semua sekolah di jenjang SMA/sederajat sejatinya sudah siap. Namun, rencana tersebut akhirnya ditangguhk­an pasca pemerintah memberlaku­kan PPKM darurat.

Ketua Dewan Pendidikan Jatim Prof Akh. Muzakki menjabarka­n, ada dua catatan yang perlu diperhatik­an penyelengg­ara pendidikan selama pembelajar­an PJJ. Pertama, perlu ada peningkata­n keterampil­an pembelajar­an online oleh guru. ”Maka, strategi baru harus diterapkan agar pembelajar­an daring tetap relevan,” terangnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia