Jawa Pos

Incar 500 Ribu UMKM Gabung Platform Digital

Pelaksanaa­n Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Jatim

-

JAKARTA, Jawa Pos – Pemerintah getol mengampany­ekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Sasaran berikutnya adalah Jawa Timur (Jatim). Rencananya, Gernas BBI di Jatim berlangsun­g mulai 1 hingga 29 Agustus mendatang. Masyarakat diajak mencintai dan menggunaka­n produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal. UMKM juga didorong untuk digital.

Dalam rapat koordinasi persiapan kampanye Gernas BBI di Jawa Timur kemarin (5/7), Asisten Deputi Pengembang­an Ekonomi Kreatif pada Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementeria­n Koordinato­r Maritim dan Investasi Sartin menuturkan, Jatim memiliki potensi ekonomi yang besar. Dia memperkira­kan, sekitar 500 ribu pelaku UMKM bisa tergabung di platform digital.

’’Kegiatan di Jawa Timur tidak perlu menghabisk­an anggaran untuk seremonial. Harus fokus pada pelatihan peningkata­n UMKM on boarding guna mendukung capaian target 6,1 juta UMKM masuk e-commerce per tahun,” katanya.

Sartin berharap Pemprov Jatim memberikan data UMKM binaan di seluruh kota dan kabupaten. Dengan begitu, Bank Indonesia (BI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) kantor wilayah Jatim juga diminta untuk menyiapkan timeline rencana pelatihan. ’’Usaha yang berkelanju­tan membutuhka­n pembiayaan dan manajemen keuangan bisnis yang mumpuni,” tuturnya.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan, pihaknya sudah menyusun timeline program yang akan berlangsun­g di Surabaya, Malang, dan Jakarta. Karena penularan Covid-19 sedang tinggi, dia menyiapkan tiga rancangan program sesuai kondisi pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) reguler, mikro, dan darurat.

Jika kondisi PPKM berangsur pulih, acara berlangsun­g di Tunjungan Plaza, Surabaya; Jatim Park 3, Malang; dan Gandaria City, Jakarta. ’’Jika kondisi belum membaik, plan B ketika PPKM mikro, maka venue di Malang akandigant­idiMallOly­mpicGarden. Namun, jika masih darurat seperti saat ini, terpaksa dari studio tapping di Jakarta,” jelas Amam.

Ketua Bidang UMKM Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Handito Joewono menyatakan, Gernas BBI di Jawa Timur merupakan momentum untuk produk UMKM melakukan ekspor. Berbagai pelatihan dan kurasi oleh stakeholde­r tentu akan memperbaik­i kualitas produk dalam negeri.

Hal itu juga didukung surat keputusan menteri koperasi dan usaha kecil menengah (Menkop-UKM) membentuk satuan tugas peningkata­n pengembang­an usaha kecil dan menengah.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia