Jawa Pos

Sehari Kirim 5 Ribu Nasi Kotak

-

SURABAYA, Jawa Pos - Kepulan asap menyembul di halaman depan Convention Hall yang berasal dari dua panci besar serta penggoreng­an. Tampak dua petugas membolak-balik ayam yang digoreng. Dua petugas lain mengecek nasi yang ditanak.

Kesibukan juga terlihat di bagian samping gedung pertemuan itu. Puluhan orang duduk bersila. Beralas tikar, tangan mereka tampak cekatan meramu bumbu dapur serta sayur.

Selang beberapa menit, Menteri Sosial (Mensos) Risma tiba di tenda itu. Dia mengecek makanan yang dimasak. ’’Ayo, yang Gresik berangkat duluan,’’ ucapnya.

Ya, sejak kemarin (5/7) Kementeria­n Sosial (Kemensos) mendirikan dapur umum di Convention Hall. Tujuannya, membantu warga yang tengah terpapar Covid-19. Terutama yang menjalani isolasi mandiri.

Risma menuturkan bahwa dalam satu hari, dapur umum tersebut menyediaka­n makanan siap santap. Total mencapai 5 ribu nasi kotak. Isinya lengkap. Mulai nasi, lauk, hingga sayur. Juga ditambah telur rebus.

Bantuan tersebut didistribu­sikan bagi tiga daerah di Jatim. Yaitu, Surabaya, Sidoarjo, serta Gresik. ’’Untuk Surabaya 2 ribu nasi kotak, Sidoarjo dan Gresik sebanyak 1.500 nasi kotak,’’ paparnya

Rencananya, dapur umum itu terus beroperasi selama virus korona di tiga wilayah tersebut masih tinggi. ’’Sampai korona melandai,’’ paparnya.

Tidak hanya di Surabaya. Kemensos juga mendirikan dapur umum di tiga kota lain. Yaitu, di DKI Jakarta, Bandung, serta Solo. Dapur umum di Jakarta didirikan di kantor Kemensos. Dalam satu hari, 1.500 nasi kotak plus telur rebus dibagikan untuk tenaga kesehatan (nakes) serta warga yang menjalani isolasi mandiri.

Di Bandung, dapur umum berlokasi di Balai Wyata Guna. Dalam satu hari, Kemensos membagikan 2.400 telur rebus serta 1.200 nasi kotak. Di Solo, dapur umum didirikan di Balai Besar Prof dr Soeharso.

Mantan wali kota Surabaya itu berharap, nasi kotak serta telur rebus tersebut bisa membantu nakes dan warga. Terutama menghadapi pandemi virus korona. Risma berupaya menjaga imunitas tubuh masyarakat.

Sementara itu, Wali Kota Eri Cahyadi menyampaik­an ucapan terima kasih. Bantuan nasi kotak serta telur rebus tersebut langsung didistribu­sikan. ’’Untuk pasien yang menjalani isolasi mandiri serta nakes,’’ ucapnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? PENYEDIA MAKANAN: Dapur umum di halaman Convention Hall menyuplai nasi bungkus untuk pasien isolasi dan nakes.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS PENYEDIA MAKANAN: Dapur umum di halaman Convention Hall menyuplai nasi bungkus untuk pasien isolasi dan nakes.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia