Jawa Pos

Bagikan Hasil Daur Ulang Solid Waste ke 21 Sekolah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perabot yang mangkrak di sekolah ternyata bisa diolah menjadi furnitur yang kinclong dan berdaya guna. Ketimbang hanya jadi tumpukan limbah padat yang tak sedap dipandang mata. Upaya tersebut dilakukan para mahasiswa Desain Interior UK Petra.

Mereka menggarap proyek bertajuk Solid Waste Recycling and Reuse Project yang di-support dana hibah dari United Board for Christian Higher Education in Asia (UBCHEA). ’’Mahasiswa desain interior berkarya untuk mata kuliah eco-design yang menantang mereka berkreasi mengolah limbah padat lembaga pendidikan. Sehingga nanti bisa digunakan lagi sebagai produk fasilitas,’’ terang Dekan Fakultas Seni dan Desain (FSD) UK Petra Yusita Kusumarini.

Kegiatan perkuliaha­n dengan metode servicelea­rning itu menghasilk­an produk-produk interior seperti rak displai, rak lemari, kursi, dan bangku. Seluruhnya diolah dari material limbah padat yang sudah tak terpakai. Baik limbah padat di kampus maupun dari sekolah mitra. ’’Kami mencoba membuat produk yang dibutuhkan sekolah dengan memanfaatk­an perabot dari limbah padat. Ternyata, hasil kreativita­s mahasiswa cukup menarik,’’ tuturnya.

Yusita melanjutka­n, limbah padat yang diambil dari sekolah bisa dikembalik­an lagi ke sekolah. Dengan rupa baru yang lebih eye-catching dan bisa dimanfaatk­an lagi sebagai perkakas multiguna. ’’Kami juga akan memberikan hasil recycle limbah padat ke 21 sekolah mitra yang menjadi sekolah binaan Yayasan Indonesia Sejahtera Barokah (YISB). Harapannya, semoga bisa jadi objek contoh konkret ’before and after’ pengelolaa­n solid waste di sekolahsek­olah,’’ ungkapnya.

 ?? UK PETRA FOR JAWA POS ?? BERMANFAAT: Hasil daur ulang solid waste dipamerkan.
UK PETRA FOR JAWA POS BERMANFAAT: Hasil daur ulang solid waste dipamerkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia