Jawa Pos

Sekat Ketat di Pintu Masuk

Pembatasan Mobilitas di Porong dan Waru

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Warga luar kota sebaiknya menunda dulu untuk masuk ke Sidoarjo. Pasalnya, ada pembatasan mobilitas di pintu masuk Sidoarjo. Baik di Porong dari arah Pasuruan maupun Waru dari arah Surabaya. Penyekatan itu berlangsun­g saat pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro kemarin (5/7) meninjau langsung pembatasan mobilitas di Waru dan Pos Pengendali­an Rayon 2 PPKM Darurat di Gempol, perbatasan Pasuruan–Sidoarjo. Di titik-titik tersebut, personel Polresta Sidoarjo dan TNI mengecek kendaraan pribadi bernopol luar wilayah Sidoarjo. KTP pengendara diperiksa. Termasuk kartu vaksin minimal dosis pertama atau keterangan hasil swab antigen

H-1. Jika tak bisa menunjukka­nnya dan tidak sesuai ketentuan, pengendara diminta putar balik.

Misalnya, dari arah Surabaya, kendaraan dengan nopol selain L dan W diminta putar balik. Jika dari utara, pengendara diarahkan putar balik di Jalan Brigjen Katamso, Waru. Di perbatasan Gempol–Sidoarjo, pengendara yang tidak sesuai ketentuan juga diminta putar balik. Pemeriksaa­n kendaraan dari luar wilayah itu merupakan implementa­si PPKM darurat.

Selain memeriksa kelengkapa­n identitas diri dan surat vaksinasi atau hasil swab antigen, petugas juga menggelar operasi yustisi bagi pengendara yang melanggar protokol kesehatan. Ada saja warga yang terjaring karena belum mematuhi peraturan PPKM darurat.

Setiap pagi dan malam, para petugas juga menggelar operasi yustisi di titik-titik keramaian. Mereka menyasar kafe dan warkop yang masih buka pada jam malam. ’’Sasarannya tempattemp­at yang berpotensi ada kerumunan,’’ kata Kusumo.

Selain penertiban, upaya sosialisas­i juga terus digencarka­n. Baik lewat media sosial maupun mengganden­g elemen masyarakat. ’’Kami dibantu komunitask­omunitas untuk memasifkan sosialisas­i atau edukasi ke masyarakat terkait PPKM darurat,’’ ujar Kusumo.

Dia menegaskan, upaya pencegahan Covid-19 akan terus dilakukan. Minggu malam lalu, patroli bersama forkopimda juga kembali dilaksanak­an. Rutenya di sejumlah wilayah Kota Sidoarjo, Wonoayu, dan Krian.

Sementara itu, sejumlah pelanggara­n masih terjadi. Bahkan, petugas mendapati warkop yang menyediaka­n mesin judi. Penertiban pun langsung dilakukan. Menurut Wabup Sidoarjo Subandi, meski masih ada pelanggara­n, mayoritas warga Sidoarjo mulai patuh PPKM darurat.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? LENGANG: Stasiun Sidoarjo Kota tampak sepi kemarin (5/7) akibat pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021. Kebijakan itu mengharusk­an kereta api lokal berhenti beroperasi.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS LENGANG: Stasiun Sidoarjo Kota tampak sepi kemarin (5/7) akibat pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat sejak 3 Juli hingga 20 Juli 2021. Kebijakan itu mengharusk­an kereta api lokal berhenti beroperasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia