Jawa Pos

Batik Monokrom Peringati Hari Lahir

Rayakan Satu Dekade Berkarya

-

SURABAYA, Jawa Pos – Genap berusia 50 tahun pada Senin (5/7), desainer Surabaya Embran Nawawi meluncurka­n kreasi terbarunya, batik monokrom. Bukan hanya desain busananya yang dibuat monokrom dengan batik. Sepatunya juga berlapis batik sutra dengan warna senada. Dalam karya spesial yang juga didedikasi­kan untuk peringatan satu dekadenya berkarya di Jatim itu, Embran berkolabor­asi dengan SUVARNABHU­MI dan Damia Shoes.

Batik menjadi salah satu ciri khas Embran dalam berkarya. Dia tak hanya berfokus pada busana dewasa, tapi juga remaja dan anakanak. Berbagai desain kekinian pun tak luput dikombinas­ikan dengan batik. Sebab, dia jatuh cinta pada batik Jatim sejak 10 tahun silam.

’’Karya pertama kali sendiri. Dulu itu dengan batik Madura,’’ ungkapnya kemarin (4/7). Berkolabor­asi dengan perajin batik SUVARNABHU­MI dari Pamekasan, kali ini Embran membuat batik motif kontempore­r dengan warna monokrom hitamputih. ’’Saya memadukan isenisen batik Madura yang dibuat kolase. Warnanya sengaja dibuat hitam-putih atau monokrom supaya cocok untuk segala usia dan gender,’’ terangnya.

Batik itu terlihat lebih chic untuk konsep etnik atau modern. Embran memilih kain sutra sebagai kanvas motifnya. ’’Nah, untuk karya ini, batiknya dijadikan bawahan yang dipadukan dengan kebaya hitam dan selendang panjang,’’ jelasnya.

Motif batik monokrom tak berhenti di situ saja. Embran juga berkolabor­asi dengan

Damia Shoes untuk membuat heels berlapis motif batik. ’’Pemilihan heels ini berkaca pada kebutuhan fashion perempuan yang masih sangat menyukai heels,’’ ucapnya. Batik monokrom dalam kain sutra itu tidak langsung ditempel pada heels yang telah dibuat, tetapi lebih dulu dipadukan dengan kulit domba yang lembut.

Dari situ, look keseluruha­n dari karya kolaborasi tersebut menghasilk­an gaya kombinasi klasik-modern. ’’Dimulai dari kebaya hitam klasik yang kemudian dipadukan sama batik monokrom. Dipercanti­k heels dengan motif dan warna yang senada dengan batiknya. Jadi, ada kesan klasik tapi modern,’’ imbuhnya. Lewat karya dalam perayaan ulang tahun ke-50 dan satu dedake berkaryany­a itu, Embran berharap bisa terus berkarya dengan berbagai motif batik dan terus menginspir­asi.

 ?? ZALDY OGAWA FOR JAWA POS ?? HITAM-PUTIH: Embran memadukan isen-isen batik Madura yang dibuat kolase. Warnanya monokrom agar cocok untuk segala usia dan gender.
ZALDY OGAWA FOR JAWA POS HITAM-PUTIH: Embran memadukan isen-isen batik Madura yang dibuat kolase. Warnanya monokrom agar cocok untuk segala usia dan gender.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia