Jawa Pos

Bagikan Tips Memotret Cahaya Minim

-

SURABAYA, Jawa Pos – Suasana malam memberikan kesan apik saat memotret. Namun, mengambil momennya dirasa gampang-gampang susah untuk sebagian orang. Sebab, cahayanya sangat minim. Fotografer Ferry dan Firman bukabukaan mengenai tips memotret dalam suasana minim cahaya atau low light. Mereka membagikan­nya di Instagram Gudang Kamera Surabaya secara live pada Rabu (30/6). Ferry dan Firman mempraktik­kannya secara langsung di sekitar Jalan Tunjungan, Surabaya. Mereka mengajak seorang model bernama Welda. Lalu, model itu dipotret dengan objek berbagai latar belakang di sana. Di antaranya, latar jalanan yang penuh lampu dan bangunan vintage. Sambil memotret, Ferry dan Firman menyampaik­an beberapa tips.

’’Siapkan kamera mirrorless atau DSLR, lebih baik menggunaka­n lensa fix,” tutur Ferry.

Menurut dia, lensa fix memudahkan fotografer saat tidak ada tambahan cahaya buatan. Namun, tak masalah jika tidak menggunaka­n lensa fix. Fotografer bisa menyiasati dengan tambahan cahaya lampu LED sesuai kebutuhan. Misalnya, diletakkan di sebelah kanan dan kiri model saat memotret dengan latar jalan yang penuh lampu. Kemudian diatur dengan ISO 800, diafragma 5.6, serta speed 80.

’’Hasilnya akan fokus di wajah dan tidak mengurangi unsur latar belakangny­a,” papar pria berkacamat­a itu.

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah keberadaan tripod. Alat tersebut dapat membantu fotografer jika tidak menggunaka­n cahaya tambahan. Jika ada tripod, speed bisa diatur rendah di bawah 50. Itu juga akan menambah kesan estetik pada hasilnya dengan garis-garis lampu jalanan. Jika ada lampu LED, noise bisa dihindari.

 ?? HANAA SEPTIANA/JAWA POS ?? LANGSUNG: Welda (kanan) menjadi model dalam workshop memotret dengan cahaya minim yang dihelat Gudang Kamera Surabaya secara live pada Rabu (30/6).
HANAA SEPTIANA/JAWA POS LANGSUNG: Welda (kanan) menjadi model dalam workshop memotret dengan cahaya minim yang dihelat Gudang Kamera Surabaya secara live pada Rabu (30/6).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia