Jawa Pos

Masih Saja Anggap Covid-19 Tipuan

-

COVID-19 telah menelan banyak korban. Namun, masih saja ada narasi yang menuding bahwa pandemi itu hanya tipuan. Misalnya, yang diunggah akun Facebook Bang Supriatna kemarin (8/7). Dia mengungah capture video Presiden Joko Widodo bertemu dengan orang-orang berwajah oriental tanpa mengenakan masker.

”Perhatikan! KITA DITIPU, 1 PUN TAK AD YG PAKE MASKER,” begitu tulisan yang ada di dalam capture video itu (bit.do/DitipuMask­er). Unggahan tersebut memperliha­tkan Presiden Jokowi berada di sebuah ruangan bersama sejumlah orang dengan background tulisan berbahasa Mandarin. Tak ada satu pun di antara mereka yang memakai masker.

Saat ditelusuri, video berdurasi 30 detik itu pernah menyebar pada 28 Januari 2019. Diunggah kanal YouTube Kids Clairyne Show dengan judul Jokowi Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto. Tentu saja tidak ada yang menggunaka­n masker dalam momen tersebut. Sebab, saat itu belum ada Covid-19. WHO baru mengumumka­n secara resmi Covid-19 sebagai pandemi pada 9 Maret 2020. Anda dapat melihatnya di bit.do/MelayatEka­Tjipta.

Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara juga mengabarka­n kunjungan Jokowi tersebut. Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretaria­t Presiden Bey Machmudin mengatakan, penghormat­an terakhir bagi pendiri Sinar Mas Group Eka Tjipta Widjaja itu dilakukan pada Senin, 28 Januari 2019, di RSPAD Gatot Soebroto.

”Sebelum pulang ke Istana Bogor, presiden memberikan penghormat­an terakhirny­a,” katanya. Eka Tjipta Widjaja meninggal pada Sabtu, 26 Januari 2019. Jenazah Eka Tjipta berada di Rumah Duka Sentosa RSPAD sejak Minggu, 27 Januari 2019. Berbagai tokoh hadir menyampaik­an belasungka­wa, termasuk Prabowo Subianto dan beberapa tokoh lainnya.

Tentu aneh jika pandemi Covid-19 disebut tipuan belaka. Situs resmi covid19.go.id terus melaporkan kondisi terkini sejak pengumuman kasus pertama di Indonesia muncul pada 2 Maret 2020. Hingga kemarin (8/7), sebanyak 2.417.788 orang terkonfirm­asi positif dengan pertambaha­n 38.391 kasus baru. Sedangkan kasus aktif mencapai 359.455.

 ??  ??
 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia