Jawa Pos

Robert Downey Sr. Wafat karena Parkinson

-

NEW YORK, Jawa Pos – Robert Downey Sr., sutradara dan aktor era 60-an sekaligus ayah Robert Downey Jr., berpulang. Rabu (7/7) waktu setempat, istri Downey Sr., Rosemary Rogers, mengumumka­n berita duka itu via New York Daily News. Dia menyatakan, sang suami meninggal pada Rabu dini hari ketika tidur di rumah mereka. Sutradara film klasik yang dikenal dengan narasi eksentrik itu wafat pada usia 85 tahun.

Downey Jr. pun menyatakan kehilangan­nya di Instagram. Dia menyebut sang ayah berpulang dengan tenang setelah bertahun-tahun memerangi penyakit Parkinson. ’’Dia adalah sineas sejati yang cerdas dan optimistis sepanjang hidupnya. Menurut ibu tiriku, mereka telah menikah dengan bahagia selama lebih dari 2.000 tahun,’’ tulis aktor yang melejit lewat peran Iron Man itu.

Downey Sr. memulai kariernya sebagai sutradara setelah keluar dari militer pada tahun 1960-an. Pria kelahiran 24 Juni 1936 itu menyukai film undergroun­d karena ingin membuat film sendiri. Dia pun melibatkan Downey Jr. di salah satu produksiny­a, Pound, ketika putranya berumur 5 tahun. Saat itu, aktor yang kini berfokus pada isu lingkungan tersebut memerankan seekor anjing yang akan ’’ditidurkan”.

Dalam berbagai wawancara, Downey Jr. mengaku terpapar obat-obatan terlarang sejak muda dari ayahnya. Downey Sr. berkali-kali gagal membujuk putranya untuk berhenti menggunaka­n barang terlarang itu. Dia pun memberikan apresiasi luar biasa ketika Downey Jr. berhasil lepas dari adiksi. ”Dulu, tiap telepon berbunyi lewat jam 10 malam, saya berpikir ’dia pasti tamat’. Saya paham karena saya juga pemakai. Saya bilang padanya ’jangan tinggalkan planet ini’ dan dia bilang iya. Dia menepati janji itu,” ungkapnya dalam wawancara dengan Village Voice pada 2016.

 ?? ASTRID STAWIARZ/ GETTY IMAGES NORTH MERICA / GETTY IMAGES VIA AFP ?? RIP: Robert Downey Sr. meninggal dunia pada usia 85 tahun.
ASTRID STAWIARZ/ GETTY IMAGES NORTH MERICA / GETTY IMAGES VIA AFP RIP: Robert Downey Sr. meninggal dunia pada usia 85 tahun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia