Jawa Pos

”KONTROVERS­I” COMES HOME

- (Eurosport pukul 17.00 WIB)

LONDON, Jawa Pos – Football Comes Home bukan sekadar slogan Euro 1996 yang dihelat di Inggris. Football Comes Home sekaligus semangat untuk mengulang kesuksesan timnas Inggris era Sir Bobby Moore dkk kala memenangi Piala Dunia 1966 yang dimainkan di kandang sendiri. Tetapi, yang terjadi adalah

The Three Lions era Tony Adams pada Euro 1996 dkk hanya melaju sampai semifinal.

Selang seperempat abad, kans Inggris kembali memenangi turnamen mayor terbuka dalam Euro 2020. The Three Lions era Harry Kane dkk melebihi capaian Euro 1996 seiring mampu melangkah ke final. Meski tidak berstatus tuan rumah, Inggris bakal merasa bermain di kandang sendiri seiring partai puncak melawan Italia (12/7) dimainkan di Wembley Stadium.

Hanya, lolosnya Kane dkk sarat dengan kontrovers­i. Kemenangan 2-1 atas Denmark via babak tambahan waktu dalam semifinal di Wembley Stadium kemarin (8/7) memicu pro-kontra seiring hadiah penalti untuk Inggris pada menit ke-104. Sampaisamp­ai muncul pelesetan ”Kontrovers­i” Comes Home.

Penalti untuk Inggris dianggap tidak layak karena terjatuhny­a wide attacker Raheem Sterling terlalu soft, bahkan dianggap

VAR juga tidak cukup gamblang menunjukka­n apakah pelanggara­n wingback kiri Joakim Maehle atau sentuhan gelandang Mathias Jensen yang menjadi pemicunya. Kontrovers­i lainnya adalah keberadaan bola lain saat Sterling melakukan penetrasi ke kotak 16 lawan yang kemudian berbuah penalti. Tapi, wasit Danny Makkelie asal Belanda tetap melanjutka­n permainan. Plus sorotan laser dari penonton di tribun ke wajah kiper Denmark Kasper Schmeichel sebelum eksekusi penalti dikonversi menjadi gol kemenangan untuk Inggris oleh Kane.

”Kami boleh kalah dari mereka (Inggris), tetapi tidak dengan cara seperti ini. Penalti yang seharusnya tidak penalti itu mengganggu­ku sampai sekarang. Kami kecewa, sangat-sangat kecewa,” omel pelatih Denmark Kasper Hjulmand kepada Tipsbladet.

Mantan wasit top Premier League, Mark Clattenbur­g, dalam kolomnya di Daily Mail menilai pelanggara­n kepada Sterling memang tidak layak berbuah penalti. Koran olahraga top Italia, La Gazzetta dello Sport, turut menyindir kemenangan Inggris. ”Yang dibutuhkan Inggris bukan (gol) Kane. Yang dibutuhkan

Grand Tour/Ajang Ke-21 UCI World Tour 2021 Jumat, 9 Juli 2021 Etape Ke-13 (Nimes–Carcassonn­e; 219,9 Km) Inggris adalah wasit,” tulisnya.

Di sisi lain, kontrovers­i di semifinal kemarin malah disikapi positif oleh sebagian publik dan media Inggris. Alasannya, mengingatk­an akan memori semifinal Piala Dunia 1966. Kala itu, The Three Lions dianggap ”mengerjai” Portugal yang menjadi lawan di semifinal.

Yaitu, memindahka­n venue dari Goodison Park di Liverpool ke Wembley Stadium di London. Hal itu mengakibat­kan fisik pemain Portugal terkuras karena menghabisk­an perjalanan darat selama 4–5 jam. Eusebio dkk pun tak sempat berlatih. A Selecao –julukan Portugal– yang sebelum semifinal paling perkasa selama turnamen (mencatat 100 persen kemenangan) akhirnya tak berdaya di depan Inggris dan takluk 1-2. Sama skornya dengan kemarin.

Menanggapi kontrovers­i atas hadiah penalti Inggris, Sterling menolak telah melakukan diving. ”Aku masuk ke kotak penalti dan dia (Joakim Maehle, Red) menjulurka­n kaki kanannya sehingga menyentuh kakiku. Jadi, jelas-jelas itu penalti,” beber pemain Manchester City tersebut kepada

Wimbledon

Jumat, 9 Juli 2021 Semifinal

POLEMIK: Momen saat wide attacker Inggris Raheem Sterling terjatuh di kotak 16 Denmark sehingga berbuah penalti dalam semifinal Euro 2020 kemarin (8/7).

INGGRIS

AET

DENMARK

ITALIA vs INGGRIS

 ?? JUSTIN TALLIS/POOL/AFP Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu bergantung kebijakan stasiun televisi. PAUL ELLIS/POOL/AFP ENGLAND FOOTBALL/TWITTER ?? SELANGKAH LAGI: Layar raksasa di Wembley Stadium, London, kemarin menampilka­n agenda pertanding­an final Euro 2020 antara Italia versus Inggris pada Senin dini hari WIB (12/7).
Gary Lineker Harry Kane
Alan Shearer
Wayne Rooney
Harry Kane 104’
Senin (12/7) pukul 02.00 WIB
JUSTIN TALLIS/POOL/AFP Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu bergantung kebijakan stasiun televisi. PAUL ELLIS/POOL/AFP ENGLAND FOOTBALL/TWITTER SELANGKAH LAGI: Layar raksasa di Wembley Stadium, London, kemarin menampilka­n agenda pertanding­an final Euro 2020 antara Italia versus Inggris pada Senin dini hari WIB (12/7). Gary Lineker Harry Kane Alan Shearer Wayne Rooney Harry Kane 104’ Senin (12/7) pukul 02.00 WIB
 ?? LAURENCE GRIFFITHS/POOL/AFP ??
LAURENCE GRIFFITHS/POOL/AFP
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia