Jawa Pos

Siapkan Pembekalan Guru dan Kepala Sekolah

-

JAKARTA, Jawa Pos – Menjelang tahun ajaran baru, Kementeria­n Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbu­dristek) meluncurka­n program Guru Belajar dan Berbagi. Kali ini, giliran Seri Panduan Pembelajar­an Tahun Ajaran 2021–2022 untuk persiapan belajar-mengajar yang dimulai bulan ini.

Program tersebut akan dilakukan secara daring pada 7 Juli hingga 25 Agustus. Pada seri itu, program dilaksanak­an dalam 10 angkatan dengan jumlah materi 32 jam pelajaran (JP) melalui portal gurubelaja­rdanberbag­i.kemdikbud.go.id.

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidik­an (GTK) Kemendikbu­dristek Nunuk Suryani mengatakan, pada tahun ajaran baru 2021– 2022, sejumlah satuan pendidikan akan mulai menyelengg­arakan pembelajar­an. Pelaksanaa­nnya disesuaika­n dengan kondisi daerah masing-masing. Baik yang sedang berada di kawasan PPKM darurat di Jawa dan Bali maupun di luar wilayah tersebut. ”Oleh sebab itu, menjadi penting adanya pembekalan bagi guru dan kepala satuan pendidikan. Agar lebih siap dalam merencanak­an penyelengg­araan pembelajar­an di masa pandemi Covid-19 di tahun ajaran 2021– 2022,” paparnya kemarin (8/7).

Dengan program tersebut, Nunuk berharap para guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah dapat memperoleh penguatan pemahaman mengenai pelaksanaa­n pembelajar­an tatap muka (PTM) terbatas maupun pembelajar­an jarak jauh (PJJ). Dengan begitu, bisa tercipta pembelajar­an yang aman, nyaman, dan menyenangk­an bagi peserta didik di masa pandemi Covid-19.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidik­an Pendidikan Dasar Rachmadi Widdiharto menambahka­n, sasaran peserta program tersebut adalah semua guru dan kepala satuan pendidikan di semua jenjang.

 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS ?? UJI COBA: Sejumlah murid mengikuti uji coba pembelajar­an tatap muka di SD Negeri 05 Pagi Pondok Kelapa, Jakarta (7/4).
HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS UJI COBA: Sejumlah murid mengikuti uji coba pembelajar­an tatap muka di SD Negeri 05 Pagi Pondok Kelapa, Jakarta (7/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia