Jawa Pos

Api Lalap Gudang Karung

Parkir Sembaranga­n Sulitkan Petugas PMK ke Lokasi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Amukan api menghangus­kan gudang penyimpana­n karung di Jalan Bulak Rukem III, Semampir, kemarin (8/7). Akses jalan yang sempit ditambah parkir sembaranga­n membuat petugas kesulitan untuk mencapai lokasi gudang berukuran 10 x 20 meter itu.

Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya mengerahka­n dua unit walang kadung ke lokasi. ”Sambil menunggu mobil PMK datang, tim walang kadung memadamkan api dahulu,” kata Kepala Dinas PMK Surabaya Dedik Irianto.

Sebanyak 15 unit mobil kebakaran dan puluhan petugas diterjunka­n. Setelah petugas berjibaku selama hampir satu jam, seluruh kobaran api berhasil dipadamkan. Yakni, pukul 06.47 situasi di lokasi telah dinyatakan kondusif. ”Kebakaran diduga terjadi akibat korsleting listrik. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu,” ujarnya.

Dedik menjelaska­n, akses jalan yang sempit menjadi kendala yang kerap dihadapi petugas menuju titik lokasi kebakaran. Terutama di permukiman wilayah Semampir. Selain ruas jalan yang sempit, banyak mobil warga yang terparkir sembaranga­n.

Ditambah lagi, banyak kendaraan besar yang melintas di jalan tersebut. Tidak ada yang mau mengalah sehingga kecelakaan kerap terjadi. Misalnya, peristiwa di Jalan Wonosari Lor, Semampir, Selasa (6/7).

Satu unit mobil PMK bergesekan dengan sebuah truk. Insiden tersebut membuat mobil PMK mengalami kerusakan meski tidak parah. ”Seharusnya mobil PMK yang didahuluka­n, tapi ini tidak. Truk tetap saja maju,’’ ujar Dedik.

Dalam hal ini, Dedik telah berkoordin­asi dengan pihak terkait. Misalnya, Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya. Lalu, Kecamatan Semampir dan Kelurahan Wonokusumo. Dedik meminta pihak kecamatan dan kelurahan bisa menertibka­n kendaraan yang parkir sembarang. Tujuannya, kemacetan tidak lagi terjadi.

Kemudian, untuk menghadapi kendala di lapangan, beberapa strategi dilakukan.

Salah satunya, memetakan wilayah padat penduduk. Dalam pemetaan tersebut, petugas diminta untuk mencari jalan-jalan alternatif menuju titik wilayah dengan kondisi jalan yang sempit.

”Setiap malam, jika situasi aman, kami melakukan mapping wilayah padat penduduk. Lalu, kami juga menggalakk­an pembuatan hidran kering,” ujarnya. Saat ini hidran kering baru terdapat di Jalan Jetis dan Jalan Banyu Urip Kidul.

 ?? DINAS PMK SURABAYA FOR JAWA POS ?? DIDUGA KORSLETING: Warga menyelamat­kan barang-barang yang ada di gudang karung Jalan Bulak Rukem III kemarin pagi.
DINAS PMK SURABAYA FOR JAWA POS DIDUGA KORSLETING: Warga menyelamat­kan barang-barang yang ada di gudang karung Jalan Bulak Rukem III kemarin pagi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia