Jawa Pos

Timnas Sepak Bola Indonesia ke Kejuaraan Dunia

Kabar baik datang dari ranah tim nasional sepak bola virtual Indonesia. Timnas Indonesia berhasil melaju ke FIFA eNations Cup 2021 yang akan diadakan di Kopenhagen, Denmark, pada 20–22 Agustus 2021.

-

TIMNAS Indonesia beranggota Moehamad ”Chanks” Zulsar, Fahmi ”Hussain” Hussaini, dan Pugu Mantang. Para pemain tersebut terpilih setelah melalui turnamen ePiala Indonesia 2021 yang digelar di Hotel Ibis Slipi, Jakarta, pada 1–3 April 2021.

Turnamen tiga bulan lalu itu mencari pemain yang akan mewakili Indonesia di kualifikas­i FIFA eNations Cup kawasan Asia dan Oseania. Saat itu Chanks berhasil menjadi juara pertama setelah mengalahka­n Hussain dengan skor 5-2.

Kualifikas­i Asia-Oseania eNations Cup diikuti 10 negara dan Indonesia tergabung di grup B bersama Korea Selatan, Singapura, Hongkong, dan Tiongkok. Indonesia berhasil meraih peringkat kedua di babak grup dengan meraih 11 poin.

Meski memiliki poin yang sama dari Singapura, Indonesia unggul dari jumlah perbedaan gol yang membuat mereka berhak melaju ke babak playoff winner bracket.

Menghadapi Malaysia yang merupakan peringkat pertama di babak playoff winner bracket, Indonesia berhasil mengalahka­n negeri jiran tersebut 2-0 tanpa balas. Jepang menjadi lawan timnas Indonesia di final winner bracket. Sayang, perjuangan mereka harus kandas setelah takluk dengan hasil akhir 0-2. Meski begitu, Indonesia berhasil mengamanka­n tiket ke FIFA eNations Cup setelah berhasil meraih 5 besar untuk mewakili kawasan Asia dan Oseania.

FIFA eNations Cup diikuti 24 tim dari seluruh dunia. Dengan perincian, 11 negara dari kualifikas­i Eropa, 5 negara dari Asia dan Oseania, 3 negara dari kawasan Amerika Selatan, 2 negara dari kualifikas­i Amerika Utara dan Tengah, 2 negara dari kualifikas­i Timur Tengah dan Afrika, serta Denmark selaku tuan rumah yang lolos secara otomatis.

Berdasar undian Piala Dunia, Indonesia tergabung di grup B bersama Jerman, Belgia, Israel, Amerika Serikat, dan Argentina. Achmad Fadh selaku pelatih Indonesia untuk FIFA eNations Cup 2021 turut memberikan komentar akan fase pembagian grup. ”Tentu semua grup pasti berat. Namun, kami bersyukur terhindar dari grup D yang menjadi grup neraka di turnamen ini karena ada Inggris, Swedia, dan Prancis yang merupakan negara dengan pemain juara dunia,” ungkap Achmad.

”Menurut saya, Argentina dan Jerman menjadi lawan yang wajib kami waspadai di babak grup nanti mengingat dua negara ini dikenal sebagai negara dengan pemain ternama di ranah FIFA,” tambah Achmad mengenai lawan terberat yang dihadapi Indonesia.

Argentina sebelumnya merupakan juara kedua dari FIFA eNations Cup 2019 dan juara ketiga di kualifikas­i Amerika Selatan. Sementara itu, Jerman berhasil meraih juara kedua di kualifikas­i Eropa setelah bersaing melawan 30 negara lain.

Satu bulan sebelum turnamen, Achmad mengungkap­kan bahwa saat ini timnas Indonesia sedang menjalani pemusatan latihan dan juga pertanding­an persahabat­an dengan negara-negara di kawasan Asia dan Oseania. ”Dukung kami untuk bisa membawa nama Indonesia berkibar di kompetisi internasio­nal yang akan kami hadapi,” tutur Achmad. (*)

 ?? Oleh ERIC SOEJATNO PSSI ?? BIKIN BANGGA: Wakil Indonesia Moehamad ”Chanks” Zulsar (kiri) dan Fahmi ”Hussain” Hussaini ambil bagian dalam FIFA eNations Cup 2021 di Kopenhagen Denmark bulan depan.
Oleh ERIC SOEJATNO PSSI BIKIN BANGGA: Wakil Indonesia Moehamad ”Chanks” Zulsar (kiri) dan Fahmi ”Hussain” Hussaini ambil bagian dalam FIFA eNations Cup 2021 di Kopenhagen Denmark bulan depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia