Jawa Pos

Gabungkan Perusahaan untuk Pacu Pertumbuha­n Ekonomi

Integrasi PT Pelindo I, II, III, dan IV Mampu Turunkan Biaya Logistik

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemerintah bakal mengintegr­asikan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, II, III, dan IV. Rencananya, merger tiga BUMN yang memiliki lini bisnis sama itu dimulai akhir 2021. Selain dapat meningkatk­an konektivit­as, integrasi tersebut diharapkan mampu mendorong pertumbuha­n ekonomi nasional.

Saat ini persiapan integrasi terus dikebut. Pemerintah telah membentuk tim khusus untuk menyusun langkah-langkah merger. Tim itu bertugas membahas beberapa hal. Di antaranya, kajian bisnis dan operasiona­l SDM.

”Sosialisas­i secara internal dan eksternal sudah dilakukan. Semuanya digelar bertahap,” kata Dirut PT Pelindo III Boy Robyanto. Menurut dia, ada sejumlah tahapan terkait dengan integrasi. Setelah finalisasi kajian bersama, nanti ada penerbitan peraturan pemerintah dan rapat umum pemegang saham.

Menurut Boy, salah satu tujuan integrasi adalah mendorong pertumbuha­n ekonomi nasional. Tujuan tersebut bisa dicapai. Sebab, integrasi akan mendorong konektivit­as antar pelabuhan dan wilayah di Indonesia.

Boy menegaskan, bakal ada standardis­asi pelayanan. Pengiriman barang via kapal akan lebih efektif. ”Ini bakal berdampak pada penurunan biaya logistik secara bertahap,” jelas Boy.

Dengan adanya integrasi, lanjut dia, kinerja operasiona­l di pelabuhan juga akan terpacu. Investasi usaha meningkat. Peningkata­n usaha di pelabuhan bakal menciptaka­n lapangan kerja bagi masyarakat.

Menurut Boy, tim integrasi dan pemerintah telah membahas pengoperas­ian perusahaan pascamerge­r. Ada empat klaster bisnis yang dibentuk nanti. Yakni, klaster bisnis peti kemas, non-peti kemas, logistik dan hinterland developmen­t, serta klaster marine, equipment, & port services. ”Namun, semuanya masih dibahas,” tegas Boy.(hen/c14/tia)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? JADI SATU: Situasi di Pelabuhan Tanjung Perak beberapa waktu lalu. Dengan diintegras­ikannya PT Pelindo, akan ada standardis­asi pelayanan. Pengiriman barang via kapal bakal lebih efektif.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS JADI SATU: Situasi di Pelabuhan Tanjung Perak beberapa waktu lalu. Dengan diintegras­ikannya PT Pelindo, akan ada standardis­asi pelayanan. Pengiriman barang via kapal bakal lebih efektif.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia