Jawa Pos

Selamat berkat Deteksi Dini

-

SAAT ini angka testing (pemeriksaa­n) Covid-19 di Indonesia sudah melebihi standar yang ditetapkan World Health Organizati­on (WHO). Meski begitu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut masih perlunya memasifkan upaya deteksi dini Covid-19.

Masifnya testing diharapkan dapat menekan laju pertambaha­n kasus dan bertambahn­ya angka kematian serta menyelamat­kan nyawa pasien. Kondisi saat ini di berbagai daerah, ada 31 di antara 34 provinsi yang mengalami kenaikan persentase kasus aktif, 9 provinsi mengalami kenaikan persentase kematian, dan 29 provinsi mengalami penurunan kesembuhan. ’’Persentase kematian dalam satu minggu terakhir menunjukka­n, kenaikan kematian lebih signifikan dibandingk­an kesembuhan,” ucap Wiku.

Secara lebih terperinci, persentase kematian di sembilan provinsi tersebut meliputi Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Gorontalo, DI Jogjakarta, Bengkulu, Kepulauan Riau,

Jambi, dan Kalimantan Barat.

Kematian meningkat akibat keterlamba­tan penanganan atau perburukan yang tidak dipantau saat isolasi mandiri. Karena itu, peran pemerintah dalam meningkatk­an pemantauan­nya sangat penting sehingga dapat mempercepa­t penanganan apabila kondisi pasien memburuk.

Untuk itu, upaya deteksi dini oleh pemerintah daerah melalui pemeriksaa­n atau testing harus diupayakan secara masif. Kabar baiknya, angka testing nasional kini sudah melebihi standar WHO dengan jumlah pemeriksaa­n per 1.000 penduduk per minggu mencapai 252,78 persen dengan jumlah PCR sebanyak 380.480 (52 persen) dan antigen sebanyak 363.399 (48 persen). ”Angka ini menunjukka­n upaya testing terus mengalami peningkata­n,” sebutnya.

Namun, yang perlu diingat bahwa pemeriksaa­n itu harus terus diupayakan secara merata di seluruh provinsi di Indonesia. ”Pemerintah terus berupaya memasifkan testing sehingga kasus positif dapat lebih banyak teridentif­ikasi dan segera ditangani,” tambahnya.

Wiku berharap seluruh pemerintah daerah bisa berkoordin­asi dengan Kementeria­n Kesehatan dalam mendata dan melaporkan cakupan testing di wilayah masing-masing. Pastikan cakupan testing di wilayah masing-masing telah melebihi standar WHO dengan memperhati­kan positivity rate di wilayah masing-masing.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia