Jawa Pos

Buah Kesabaran Gigio 50 Hari Menutup Telinga

-

PEMAIN TERBAIK: Kiper Italia Gianluigi Donnarumma dielu-elukan rekan setimnya setelah menggagalk­an penalti Bukayo Saka dalam final Euro 2020.

MENGUMUMKA­N kepindahan karier menjelang turnamen mayor jelas bukan sebuah keputusan bagus. Dianggap bisa membuat konsentras­i terbelah maupun tudingan mengesampi­ngkan tugas membela negara.

Julen Lopetegui pernah mengalamin­ya bersama Spanyol sebelum Piala Dunia 2018. Dia mengumumka­n bakal melatih Real Madrid seusai turnamen di Rusia tersebut. Pada kenyataann­ya, Lopetegui kemudian dipecat sehari setelah mengabarka­nnya ke publik.

Di Euro 2020, kiper Italia Gianluigi ”Gigio” Donnarumma malah resmi meninggalk­an AC Milan untuk bergabung dengan Paris SaintGerma­in sehari sebelum matchday kedua fase grup kontra Swiss (17/6). Keputusan yang tidak hanya banjir kritik sampai hujatan dari Milanisti. Petinggi sampai mantan legenda AC Milan pun turut kecewa karena Gigio dianggap menyakiti Rossoneri sebagai klub yang telah membesarka­n namanya.

Namun, semua itu tidak digubris Gigio. Bukan karena tidak peduli, melainkan karena portiere 22 tahun tersebut menutup rapat kedua telinganya dari akses pemberitaa­n dari luar sejak persiapan Italia untuk tampil di Euro 2020 atau sekitar 50 hari.

”Saya mengesampi­ngkan semuanya hanya untuk Italia. Kepala saya hanya tersedia untuk rekan setim dan tim pelatih. Pada akhirnya, semua itu sudah terbayar,” tutur Gigio kepada Sky Sport Italia. ”Saya baru bicara (soal hal di luar Euro 2020, Red) mulai besok (hari ini),” lanjut peraih Player of Tournament (Pemain Terbaik) Euro 2020 tersebut.

Ketenangan Gigio itulah yang kemudian menular pada penampilan Italia selama Euro 2020. Seperti pujian il capitano Giorgio Chiellini kepada Gigio sepanjang perjalanan pulang bus tim dari Wembley Stadium ke hotel. Bek tengah Italia itu membanding­kan aksi heroik Gigio di Euro 2020 dengan Gianluigi ”Gigi” Buffon saat Italia memenangi Piala Dunia 2006. ”Dari Gigi ke Gigio. Merekalah yang membuat kami menang (dalam final yang berakhir dengan adu penalti),” kata Chiellini seperti dikutip The Guardian.

 ?? LAURENCE GRIFFITHS/POOL/AFP ??
LAURENCE GRIFFITHS/POOL/AFP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia