Jawa Pos

Menuju Sapu Bersih Gelar Grand Slam

-

LONDON, Jawa Pos − Novak Djokovic berjongkok lantas menjumput ujung rumput lapangan utama venue grand slam Wimbledon setelah menundukka­n petenis Italia Matteo Berrettini di final tunggal putra dini hari kemarin (12/7). Rumput tersebut lalu dimakannya. Itu adalah ritual yang selalu dilakukan Nole, sapaan Djokovic, setiap kali menjuarai turnamen tenis tertua di dunia tersebut.

Sudah tiga tahun beruntun petenis Serbia itu melakukan ritual tersebut di All England Lawn Tennis and Croquet Club. Kemarin, Djokovic harus melalui empat set yang cukup melelahkan sebelum menumbangk­an Berrettini 6-7(4), 6-4, 6-4, 6-3. Total, Djokovic kini sudah menjadi juara enam kali di Wimbledon. Yakni, pada edisi 2011, 2014, 2015, 2018, 2019, dan 2021. Tahun lalu, turnamen tersebut ditiadakan akibat pandemi Covid-19. ’’Menjadi juara Wimbledon adalah impianku sedari kecil. Sejak usiaku masih tujuh tahun. Kini, ada enam piala itu di rumahku. Sungguh luar biasa,’’ ucap petenis 34 tahun tersebut dilansir CBS Sports.

Gelar itu sekaligus mengantar Djokovic menyamai raihan trofi grand slam Roger Federer dan Rafael Nadal. Ketiganya kini sama-sama mengumpulk­an 20 gelar mayor. Djokovic bahkan berpeluang menyalip torehan Nadal dan Federer tidak lama lagi. Itu jika dia mampu menjadi kampiun di grand slam terakhir tahun ini Amerika Serikat (AS) Terbuka bulan depan.

Jika berhasil, Djokovic akan dicatat sejarah sebagai satu dari hanya enam petenis tunggal yang mampu menyapu bersih seluruh gelar grand slam dalam setahun. Petenis yang terakhir mampu menorehkan rekor itu adalah Rod Laver pada 1969. Sementara di tunggal putri adalah Steffi

Graf pada 1988.

Menilik performa Djokovic sepanjang tahun ini, bukan mustahil rekor itu tercapai. Dalam tiga final grand slam 2021, Djokovic selalu mampu menaklukka­n petenis-petenis yang lebih muda. Di Australia Terbuka, dia mengalahka­n Daniil Medvedev, 25 tahun. Di Prancis Terbuka, dia menumbangk­an Stefanos Tsitsipas, 22 tahun. Dan, kemarin giliran Berrettini yang usianya masih 25 tahun. ’’Aku sudah membayangk­an hal itu (menyapu bersih empat grand slam tahun ini) bisa terjadi,’’ ucap Djokovic dilansir ESPN.

 ?? BOB MARTIN/POOL/AFP ?? JUARA LAGI: Ribuan penonton menyaksika­n Novak Djokovic memamerkan trofi juara tunggal putra Wimbledon kemarin dini hari WIB.
BOB MARTIN/POOL/AFP JUARA LAGI: Ribuan penonton menyaksika­n Novak Djokovic memamerkan trofi juara tunggal putra Wimbledon kemarin dini hari WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia