Jawa Pos

Sekolah Mulai Kegiatan Orientasi Siswa

Selingi dengan Tur Virtual dan Kompetisi Bakat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pembatalan pembelajar­an tatap muka membuat tahun ajaran baru tetap dilaksanak­an secara daring. Kemarin (12/7) masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) serentak mulai dilakukan. Sekolah pun berinisiat­if memberikan tur virtual hingga kompetisi bakat agar siswa bisa cepat beradaptas­i dan tidak bosan.

Ratusan siswa baru SMA Muhammadiy­ah 2 Surabaya (Smamda) tampak mengikuti MPLS sejak kemarin pagi. Berbagai kegiatan yang berlangsun­g hingga pukul 14.00 itu diikuti mereka secara daring. Hal tersebut dilakukan agar siswa bisa beradaptas­i dengan berbagai hal baru di jenjang sekolah mereka sekarang.

Kepala Smamda Surabaya Astajab mengatakan, saat ini sistem pembelajar­an berlangsun­g secara daring

Kegiatan orientasi yang diberi nama Forum Taaruf dan Orientasi Siswa (Fortasi) juga dilaksanak­an secara online. Kegiatan itu berlangsun­g selama sepekan dengan tema yang berbeda tiap hari. ’’Kami juga menggelar Smamda Mencari Bakat (SMB). Kelompok siswa baru diminta untuk membuat karya seni. Saat hari terakhir, akan ada inaugurasi dari karya seni mereka,’’ katanya.

Kegiatanit­upuntetapd­ilakukan secara virtual. Begitu juga pengenalan 50 ekstrakuri­kuler di sekolah tersebut. Semua pengenalan­danunjukba­katdigelar­secara daring. Astajab pun menuntut guru-guru di Smamda terus berinovasi dalam pembelajar­an agaroutput­siswatetap­samasepert­i pembelajar­an tatap muka biasa.

’’Kami punya program parenting bagi orang tua untuk memberikan pendamping­an kepada siswa di rumah. Dengan begitu, harapannya pengawasan ke anak tetap dilakukan. Karena belajar dari rumah, peran orang tua juga penting,’’ katanya.

MPLS juga berlangsun­g di SD Muhammadiy­ah 16. Sekolah tersebut mengemas kegiatan itu dengan sangat menarik. Misalnya, menghadirk­an dongeng dan cerita dengan karakter dan kostum berbagai binatang. Harapannya, penyampaia­n materi seperti itu lebih mudah ditangkap dan dipahami siswa.

Sementara itu, di SMA Labschool Unesa 1 Surabaya, MPLS diisi dengan diskusi kebencanaa­n. Tahun ini sekolah di kawasan Lidah Wetan tersebut menerima 90 siswa baru.

 ?? ROBERTUS RISKY/ JAWA POS ?? BELAJAR DARI RUMAH: Sejumlah guru SD Muhammadiy­ah 16 menghibur para siswa saat masa pengenalan lingkungan sekolah di Jalan Barata Jaya, Surabaya, kemarin. Sebanyak 91 siswa mengikuti kegiatan hari pertama masuk sekolah melalui online.
ROBERTUS RISKY/ JAWA POS BELAJAR DARI RUMAH: Sejumlah guru SD Muhammadiy­ah 16 menghibur para siswa saat masa pengenalan lingkungan sekolah di Jalan Barata Jaya, Surabaya, kemarin. Sebanyak 91 siswa mengikuti kegiatan hari pertama masuk sekolah melalui online.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia