Jawa Pos

Disiplin Prokes sampai di Dalam Rumah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pejabat di Surabaya tidak hanya duduk di belakang meja. Tapi, mereka juga turun langsung di tengah-tengah warga. Misalnya, yang dilakoni Lurah Gunung Anyar Hilda Fairuz Rochmi yang berjalan kaki untuk sosialisas­i protokol kesehatan (prokes) di RT 9 dan RT 10, RW 7, kelurahan tersebut kemarin (12/7). Termasuk aturan-aturan PPKM darurat.

Setidaknya ada 30 rumah yang dikunjungi di masing-masing RT tersebut. Mereka menyasar area perkampung­an karena saat ini klaster keluarga Covid-19 terus bertambah di Surabaya. ’’Kami ingin mengedukas­i mereka tentang disiplin prokes. Bahkan saat di dalam rumah,” ujar Hilda.

Kegiatan itu sekaligus menyosiali­sasikan vaksinasi bagi masyarakat. Terutama untuk lansia dan pedagang keliling. ’’Vaksinasi memang harus menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Ini sejalan dengan tujuan pemerintah menggencar­kan vaksinasi,” katanya.

Hilda mengakui, memang banyak tantangan dalam program vaksinasi. Mulai pemberitaa­n hoaks, kondisi kesehatan calon penerima vaksin, hingga ketakutan terhadap vaksin itu sendiri. ’’Tapi, sebisa mungkin diberikan edukasi secara persuasif. Sehingga vaksinasi tidak dianggap beban,” ujarnya. Sebab, cara-cara pemaksaan memang tidak dibenarkan dan bisa menimbulka­n perlawanan. ’’Dengan cara seperti ini, saya rasa masyarakat lebih tergugah,” imbuh dia.

Dia yakin vaksinasi akan berjalan tepat sasaran, lancar, dan menyasar banyak orang. Hilda memastikan sosialisas­i prokes dan vaksinasi dilakukan setiap hari. Ada 5–6 petugas yang turun ke lapangan setiap hari. Mereka menyambang­i perumahan, warkop, hingga pasar. ”Saya berharap masyarakat bisa lebih peduli dengan kesehatan mereka,” ujar dia.

 ?? GALIH ADI PRASETYO/JAWA POS ?? MAKIN BERKUALITA­S: Yuskil (kiri), peserta pendamping­an UKM, menunjukka­n produk buatannya kepada tim Barto & Friends dalam sesi evaluasi kemarin pagi.
GALIH ADI PRASETYO/JAWA POS MAKIN BERKUALITA­S: Yuskil (kiri), peserta pendamping­an UKM, menunjukka­n produk buatannya kepada tim Barto & Friends dalam sesi evaluasi kemarin pagi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia