Jawa Pos

Sidoarjo Menghitam, Pintu Keluar Tol Ditutup

Berlaku 24 Jam hingga PPKM Berakhir

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Mulai kemarin (12/7), pengendara mobil dari arah Surabaya tidak bisa keluar lewat pintu tol Sidoarjo Kota. Sebab, petugas menutup akses tersebut sebagai bagian dari pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Pengendara yang hendak menuju ke Sidoarjo dialihkan ke exit toll Tanggulang­in.

”Sebab, setelah dianalisis dan dievaluasi, Sidoarjo masih berstatus zona hitam,” ujar Kasat PJR Polda Jatim AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto kemarin.

Dampaknya, memang terjadi kemacetan di pintu tol Sidoarjo dari Surabaya yang mengarah ke Porong. ”Sekitar 2 kilometer ya seperti saat-saat weekendkar­ena antrean saat tapping,” katanya.

Rencana awal, penutupan tersebut berlaku selama masa PPKM. Penutupan berlangsun­g 24 jam. Namun, pihaknya menyatakan bakal terus melakukan evaluasi. ”Kami analisis pergerakan mobilitas masyarakat setiap hari,” tegasnya. Analisis itu dimaksudka­n untuk menentukan tol Sidoarjo akan terus ditutup atau bisa dibuka pada jam-jam tertentu.

Penyekatan juga dilakukan di depan halte RS Delta Surya kemarin. Pengendara yang hendak masuk Sidoarjo ke arah GOR dibatasi. Akhirnya, para pengendara

AKBP DWI SUMRAHADI RAKHMANTO Kapolresta Sidoarjo

masuk lewat Perumahan Pondok Jati.

Selain upaya pembatasan, petugas kepolisian memastikan ketersedia­an oksigen aman selama masa PPKM darurat. Kapolresta Sidoarjo Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro mengecek langsung stasiun pengisian oksigen di Kabupaten Sidoarjo. Di antaranya, di PT Samator Gas Industri Sidoarjo dan PT Aneka Mega Energi. ”Kami memastikan kamtibmas aman dan kondusif, khususnya terkait dengan ketersedia­an dan arus pendistrib­usian oksigen ke 19 rumah sakit rujukan Covid-19,” jelasnya.

Kusumo menegaskan, ketersedia­an oksigen aman dan pengelola juga terus memasoknya ke rumah sakit rujukan Covid-19. ”Masyarakat tidak perlu khawatir,” tuturnya.

Dia juga mengingatk­an agar tidak ada yang menimbun oksigen. ”Kami akan menindak tegas bila ada pelanggara­n permainan oksigen di tengah situasi pandemi sekarang,” tandasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia